Warna Rumah Kombinasi, Ciptakan Makna Seimbang

Warna Rumah Kombinasi, Ciptakan Makna Seimbang

Warna rumah adalah unsur yang sangat penting dalam membuat desain satu rumah. Tentunya setiap orang memiliki warna favorit yang ingin diterapkan di rumah impiannya. Namun jangan sembarangan, warna yang akan digunakan harus diperhitungkan dengan baik. Sebab, setiap warna mempunyai arti yang berbeda dan memberikan efek tertentu bagi ruangan di dalamnya.

Mungkin saja, warna rumah yang Anda favoritkan tidak cocok untuk ruangan tertentu dalam sebuah rumah. Agar tidak salah menentukan pilihan warna dan bsa mengkombinasikan warna dengan sempurna, sebaiknya perlu dipahami terlebih dahulu tentang arti dari setiap warna.

Warna Rumah Netral

Warna yang dimaksud netral yaitu hitam, putih dan abu-abu).  Warna-warna tersebut merupakan warna yang sering digunakan dalam rumah. Warna netral merupakan warna yang fleksibel, artinya Anda dapat mengkombinasikannya dengan warna-warna lain yang lebih hidup.

Arti Warna Merah

Warna merah sering diidentikkan dengan warna yang dapat memberikan energi dalam ruangan serta meningkatkan adrenalin penghuninya. Jika Anda menggunakan warna merah di dalam ruangan keluarga atau ruang makan, maka suasana kebersamaan dan percakapan yang intens akan dihadirkan.

Namun, warna merah tidak cocok digunakan dalam kamar tidur, karena dapat menimbulkan kesan yang mencerminkan diri pemilik kamar. Warna merah dapat menstimulasi tekanan darah Anda dan detak jantung yang lebih tinggi. Hal ini akan membuat Anda menjadi sulit untuk beristirahat dan memulihkan stamuna tubuh.

Arti Warna Kuning

Warna kuning identik dengan keceriaan. Warna ini mampu memberikan suasana bahagia seperti matahari yang bersinar cerah di langit. Jika diterapkan pada penggunaan warna utama, kuning merupakan warna yang kurang cocok. Sebab kuning mampu menciptakan perasaan depresi dan kemarahan.

Oleh karena itu, kombinasikan warna kuning dengan warna yang netral agar mendapatkan keseimbangan. Dengan makna kuning yang memiliki kesan ceria, maka warna ini cocok untuk diterapkan pada dapur, ruang makan dan kamar mandi. Selain itu, warna kuning juga mampu memberikan kesanruangan yang luas, sehingga warna ini juga cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah dengan desain minimalis.

Makna Warna Biru

Lain halnya dengan arti warna merah dan kuning, warna biru ini justru memberikan efek yang menenangkan hati. Detak jantung Anda akan berada pada titik normal, juga dengan tekanan darah. Sebab, warna biru cocok digunakan di kamar mandi dan ruang tidur.

Biru merupakan warna yang memiliki banyak cabang. Warna pastel dan biru muda akan terlihat cantik bila Anda kombinasikan dengan furnitur berwarna hangat. Namun di sisi lain, warna biru tua merupakan warna yang memberikan nuansa perasaan sedih.

Arti Warna Hijau

Kombinasi warna biru dan kuning akan menghasilkan warna hijau. Kolaborasi kedua warna tersebut menciptakan arti yang menenangkan dan meningkatkan keceriaan. Warna ini cocok diterapkan hampir di seluruh ruangan rumah. Apabila diterapkan di dapur, warna ini juga mampu menghadirkan nuansa ketenangan.

Makna Warna Oranye

Oranye memiliki arti yang senada dengan warna merah. Warna ini dapat meningkatkan antusiasme, juga dikenal dengan warna yang enerjik. Oranye lebih cocok diterapkan pada ruangan yang akan sering Anda gunakan untuk tempat berolahraga. Warna ini juga bisa membuat Anda mengeluarkan segala emosi dan uneg-uneg ketika sedang berolahraga.

Makna Warna Ungu

Warna ini memberikan kesan yang dramatis namun mewah. Karena arti warna yang demikian, ungu cocok dijadikan warna sekunder. Anda dapat mengkombinasikan warna ungu dengan warna netral melalui dekorasi lucu atau furnitur. Selain itu, warna ungu juga mampu memberikan nuansa yang rileks sama dengan biru sehingga cocok diterapkan untuk kamar tidur.

Kombinasi Warna Cat Rumah

Kombinasi Warna Cat Rumah

Sumber: Polarumah

Warna rumah pada dinding rumah mampu mempengaruhi suasana hati seseorang. Tak hanya tampilan luar, bagian interiorpun berperan dalam proses memperindah hunian. Melalui warna dipercaya dapat membangkitkan perasaan senang pada sisi yang melihat. Terutama jika warna tersebut adalah warna yang cerah seperti pink, biru dan kuning. Oleh karena itu, dalam memilih warna yang akan diterapkan pada rumah, harus dipikirkan dan membayangkannya dengan seksama terlebih dahulu.

Untuk menyeimbangkan makna dari suatu warna, baiknya tidak menggunakan hanya satu warna, apalagi bukan warna netral. Kombinasi warna cat rumah yang baik akan menghadirkan suasana yang menyenangkan. Lalu bagaimana contoh kombinasi warna yang cocok? Berikut kami ulas tentang berbagai kombinasi warna cat rumah yang baik.

Kombinasi warna cat rumah juga cocok untuk diterapkan pada sebagai warna rumah minimalis. Karena dengan kombinasi juga memberikan kesan ruangan menjadi lebih lapang.

Fondasi Warna Ungu

Fondasi Warna Ungu

Warna ungu merupakan gabungan dari sedikit beraninya merah dan tenangnya warna biru. Warna ini dikaitkan dengan hal yang bernuansa bangsawan, mewah, ambisi, kemegahan dan romantis.Ungu sendiri juga jarang muncul di alam. Kalaupun muncul, itu hanya beberapa saja, seperti buah terong, bunga anggrek, lavender dan beberapa bunga jalanan lainnya.

Warna ungu memiliki efek yang beragam pada tubuh dan pikiran. Termasuk di dalamnya akan mengangkat semangat yang mulanya lemah menjadi bisa lebih bersemangat.

Kesan megah yang dihadirkan dari warna ungu termasuk didukung dengan begitu langkanya warna ungu pada tumbuhan. Meski sama-sama berwarna ungu, akan tetapi ungu menyampaikan makna yang berbeda-beda. Sebagai contoh ungu terang yang menghadirkan aura romantis. Sementara ungu gelap lebih bicara mengenai intelektual dan martabat.

Dasar Warna Kuning

Dasar Warna Kuning

Warna kuning akan berasosiasi dengan sifat kesegaran, positif, optimisme dan enerjik. Beberapa orang menyukai warna kuning karena mampu menjadikan kehidupan yang dipenuhi rasa ceria, berenergi, stimulasi sistem saraf dan juga meningkatkan memori otak.

Jika kita bandingkan, warna kuning adalah satu dari sekian warna yang paling bercahaya. Apabila Anda seorang desainer logo, kaos dan sebagainya, warna kuning yang diterapkan sebagai background dan ditindih dengan font warna putih maka font tersebut akan terlihat samar dan hampir tidak bisa dibaca. Sebab, kuning seakan memiliki cahaya tersendiri yang bisa menyaingi warna putih.

Biru Sebagai Warna Dasar

Biru Sebagai Warna Dasar

Warna biru bisa dikaitkan dengan ruangan yang terbuka, kesetiaan, bebas, imajinatif dan ekspansif. Biru tua identik dengan martabat, otoritas dan kepercayaan. Warna biru cerah identik dengan kebersihan, kedamaian dan kesejukan.

Kombinasi biru dengan warna tak netral lainnya tidak terlalu banyak yang cocok. Biru paling cocok adalah mengkombinasikan sesama warna biru namun berbeda tingkatannya, misal biru tua dan biru muda.

Kombinasi yang Cocok dengan Hijau

Kombinasi yang Cocok dengan Hijau

Warna hijau identik dengan alam. Hampir semua daun dan tumbuh-tumbuhan di sekitar kita memiliki warna hijau. Warna ini juga menggambarkan tentang kehidupan, pembaruan, kesuburan dan kesegaran.

Hijau juga memiliki tingkatan, kombinasi hujau tua dan hijau muda juga bisa dikatakan cocok. Warna inijuga bisa dipadukan dengan kuning, merah jambu, biru dan ungu.

Pink yang Identik Feminim

Pink yang Identik Feminim

Merah muda atau pink memiliki makna yang bermacam-macam. Antara lain halus, bahagia, menawan dan lucu. Warna pink pada dasarnya adalah warna merah yang dikurangi kontrasnya ataupun berbadu dengan warna putih. Warna seperti ini sering digunakan sebagai simbol cinta.

Untuk mendapat kombinasi warna yang apik, anda dapat memadukannya dengan warna hijau atau biru sebagai aksen. Dengan kombinasi warna tersebut, ruanganakan terasa lebih menyenangkan.