Arsitektur Rumah Minimalis, Sederhana tapi Elegan

Arsitektur Rumah Minimalis, Sederhana tapi Elegan

Arsitektur rumah minimalis kini makin digemari banyak orang. Bagaimana tidak, biaya konstruksi yang rendah dan persyaratan praktis untuk desain dan konstruksi serta biaya perawatan lebih hemat menjadikan rumah mungil semakin populer. Apalagi harga tanah yang semakin lama semakin tinggi.

Saat ini banyak arsitek rumah murah dibanjiri banyak permintaan pelanggan untuk merancang arsitektur rumah mungil namun mewah dengan konsep yang unik, tata letak yang nyaman dan kenyamanan yang tinggi.

Rumah mungil dan murah dirancang untuk keluarga dengan jumlah anggota terdirir dari 2 hingga 4 orang dan dapat dibuat pada satu atau dua lantai tergantung dengan kebutuhan pemilik rumah. Fungsionalitas yang tinggi adalah tanda yang paling jelas dapat ditemukan pada arsitektur rumah mungil. Sebab dengan fungsionalitas yang tinggi akan memaksimalkan penggunaan setiap ruang, serta secara signifikan mengurangi biaya konstruksi.

Desain seperti ini dapat dengan cara yang sama seperti proyek lain, kecuali setiap ruang ditata secara kreatif dan unik sehingga setiap sentimeter persegi dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Lalu bagaimana tampilan dan bentuk dari arsitektur rumah minimalis itu? Mari kita simak beberapa penjelasannya berikut.

Cerita Singkat Rumah Minimalis

Walaupun desain rumah ini sangat populer, masih banyak orang yang belum mengetahui sebenarnya apa itu arsitektur rumah minimalis? Yaitu salah satu tipe arsitektur yang elemen-elemen desainnya didasari oleh frasa less is more.

Konsep simplicity seperti ini dihadirkan melalui bentuk geometris dasar yang simpel, penggunaan material sederhana, elemen-elemen tanpa dekorasi dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tetap tidak kehilangan kualitas essensial dari desain itu sendiri.

Desain interior minimalis bisa dikatakan sebagai tipe desain yang sangat mengutamakan fungsi. Oleh karena itu, desain interior minimalis ini biasanya menggunakan elemen tanpa dekorasi. Sebagai contoh, kaca besar tanpa dekorasi untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

Arsitektur minimalis mulai populer pada akhir tahun 1980-an di London dan NewYork. Arsitektur ini sendiri hadir sebagai bentuk respon dari desain arsitektur sebelumnya yang dianggap rumit. Ludwid Mies van Rohedan Corbusier adalah arsitek yang berperan besar pada arsitektur rumah minimalis kala itu.

Cerita Singkat Rumah Minimalis

Zen merupakan budaya yang menjadi salah satu ide awal untuk arsitektur rumah ini. Yaitu budaya yang berasal dari Jepang. Budaya Zen identik dengan kesederhanaan. Masyarakat Jepang suka menerapkan budaya tersebut pada estetika dan desain suatu bangunan.

Berbentuk Geometris tanpa Dekorasi

Sifat sederhana dari arsitektur rumah minimalis juga dapat dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Apabila dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya datar, bukan berbentuk segitiga seperti atap rumah pada umumnya.

Berbentuk Geometris tanpa Dekorasi

Berbeda juga dengan rumah pada umumnya, fasad sebuah arsitektur rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi. Biasanya pada arsitektur rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi oleh cat berwarna putih. Pada bagian jendela juga tidak memiliki detail yang rumit. Hanya terdapat jendela berbentuk persegi dengan bingkai sederhana, namun tahan lama dan bisa melindungi kacanya.

Arsitektur Rumah Minimalis Memiliki Ruang Terbuka

Umumnya, arsitektur rumah ini memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Tempat penyimpanan yang sederhana dan denah lantai yang biasanya terbuka tanpa adanya dinding penyekat antar ruangan.

Arsitektur Rumah Minimalis Memiliki Ruang Terbuka

Ruang-ruang pada arsitektur minimalis cenderung terbuka. Ruangan terlihat besar meskipun luasan lahannya sendiri tergolong sempit karena furnitur yang digunakan juga minimalis. Oleh karena itu, tidak heran jika arsitektur rumah ini sangat diminati sebagai gaya hunian di tengah kota.

Kesederhanaan penggunaan furnitur dan apa adanya. Misalnya desain pada ruang keluarga yaitu hanya ada sofa, meja kopi dan mungkin sebuah rak pajangan. Bentuknya juga tidak rumit dengan banyak dekorasi, sebab arsitektur rumah minimalis fokus pada fungsi.

Minimnya Pembatas dan Sekat Antar Ruangan

Ruangan di dalam rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Seperti antara dapur dan ruang makan atau ruang makan dengan ruang keluarga. Namun, ruangan yang memiliki privasi seperti kamar tidur dan ruang rahasia tetap memiliki dinding pembatas. Dengan sedikitnya dinding pembatas akan membuat ruangan terasa lebih longgar.

Ruangan tanpa dinding pembatas tadi biasanya hanya dipisahkan menggunakan partisi seperti rak atau meja. Bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, terang dan nyaman.

Berkat pencahayaan alami yang didapatkan dari banyaknya ruang terbuka dapat membuat suasana interior rumah minimalis terlihat terang. Untuk memilih jendela minimalis juga memperhatikan dari segi ukuran. Jendela yang digunakan biasanya berukuran besar, sehingga sinar matahari bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah. Apalagi dengan minimnya sekat antar ruangan.

Suasana interior juga dipengaruhi oleh warna pada cat dinding, keramik dan furnitur. Warna-warna netral biasanya seperti putih, abu-abu dan hitam yang diimbangi dengan dekorasi berwarna cerah biasanya digunakan pada arsitektur rumah minimalis.

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Bentuk bangunan yang kompleks dan ukiran yang rumit sangat tidak dimiliki oleh rumah minimalis, akan tetapi dengan kesederhanaan ini justru menambah daya tarik dari arsitektur rumah ini. Yang menjadi rahasia di baik tampilan seperti ini adalah perencanaan desain yang sangat matang sehingga banyak cahaya alami yang masuk kea dalam rumah sebagai output-nya.

Selain dengan penggunaan cahaya alami, arsitektur rumah minimalis ini juga dilengkapi dengan cahaya tidak langsung. Pencahayaan seperti ini juga memiliki fungsi lain, yaitu digunakan untuk menegaskan kesan tertentu pada ruangan.

Penggunaan Material Sederhana dengan Hasil Maksimal

Desain arsitektur ini dikenal selalumenggunakan material bangunan yang sederhana dan mudah ditemukan, Dinding biasanya dibangun menggunakan batu bata. Kayu atau keramik digunakan sebagai bahan untuk lantai. Juga ada beberapa rumah yang menggunakan material bangunan lain seperti kaca, beton dan baja.

Penggunaan material yang tidak terlalu rumit ini justru akan memberikan daya tarik yang khas sekaligus menonjolkan sifat dari material tersebut. Proses finishing untuk dinding didapatkan dengan proses aci. Bagian lantainya pun hanya dilapisi material keramik tanpa proses lanjut lagi.

Putih, Abu-abu dan Hitam Menjadi Warna Dominan

3 warna netral seperti putih, abu-abu dan hitam adalah warna dominan yang sering digunakan pada arsitektur rumah minimalis. Warna monochrome ini membuat rumah minimalis Anda terlihat sederhana, bersih namun tetap elegan dan mendapatkan kesan lapang.

Putih, Abu-abu dan Hitam Menjadi Warna Dominan

Namun juga ada penggunaan warna-warna yang lain selain 3 warna di atas, namun biasanya hanya digunakan sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton.

Warna dominan tersebut biasanya diaplikasikan pada bagian dinding, furnitur, dekorasi, lantai bahkan peralatan makan. Jadi, warna tersebut memang sudah menjadi ciri khas dari desain arsitektur rumah minimalis.

Tambahan Taman Minimalis

Taman juga merupakan aspek penting pada desain rumah minimalis. Taman akan menghadirkan suasana natural yang hidup. Budaya zen sendiri juga menggunakan konsep menyatu dengan alam.

Tidak hanya rumahnya saja yang minimalis, tetapi taman juga bisa diterapkan konsep demikian. Supaya seimbang dengan luasan rumah, taman untuk arsitektur ini tidak memiliki pohon yang berukuran besar. Hal ini dilakukan agar pemanfaatan lahan yang sempit bisa dimaksimalkan dengan berbagai jenis tanaman yang berukuran kecil dan sedang.

Bagian permukaan tanah tertutupi oleh rumput atau batu-batu kecil agar terlihat rapi. Jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman yang merambat. Untuk menambahkan suasana alamiahnya, Anda juga dapat menambahkan kolam ikan atau air mancur di taman.