Intip Bisnis Properti Paling Laris di Indonesia

Intip Bisnis Properti Paling Laris di Indonesia

Melakukan aktivitas bisnis yang mendatangkan pundi-pundi uang sangat diminati masyarakat. Hendaknya dilengkapi dengan pengetahuan bisnis yang mumpuni. Salah satu usaha yang marak digandrungi adalah bisnis properti. Semua kalangan terjun dalam bisnis ini harus pandai menyusun strategi pengembangan maupun mencari calon pembeli. Menyoal segi keuntungan tidak perlu diragukan lagi karena terbilang besar. Bagi Anda yang berminat menyelami bisnis tersebut silahkan simak ulasan berikut.

Bisnis Properti Bisnis Semua Lapisan Masyarakat

Bisnis Semua Lapisan Masyarakat

Properti merupakan bisnis yang tidak memandang kalangan tertentu, sebab semua orang dapat melakukannya. Latar belakang pelaku bisnis properti juga beragam, contoh mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pebisnis, hingga kalangan artis tanah air.

Modal yang diperlukan ketika hendak memulai bisnis juga variatif. Mulai dari modal 0 dengan menjadi broker sampai modal besar untuk developer. Apabila Anda baru memulai bisnis sebaiknya bersabar dan terus optimis karena harus benar-benar tekun hingga memperoleh keuntungan.

5 Peluang Bisnis Properti Paling Dicari

5 Peluang Bisnis Properti Paling Dicari

Ternyata ada 5 peluang apabila Anda terjun dalam bisnis properti. Masing-masing peluang ini menjanjikan keuntungan menggiurkan dan modal yang diperlukan memulai bisnis properti juga berbeda. Adapun satu keahlian wajib diasah pada setiap peluang tersebut adalah manajemen dan pemasaran.

1. Broker Properti

Apabila mendengar kata-kata ‘broker’ sudah tidak asing lagi bagi telinga khalayak. Bidang ini membutuhkan skill komunikasi agar dapat menarik pembeli. Broker tidak hanya berlaku bagi bisnis perumahan saja tetapi juga jual-beli rumah biasa. Bagi dunia perusahaan profesi broker merupakan ujung tombak agar mendapatkan pembeli.

Setiap orang bisa menjadi broker secara mandiri tanpa perlu dikejar target perusahaan. Langkah awal yang harus dilakukan yakni menghubungi agensi maupun developer properti. Biasanya perusahaan mencari orang-orang yang bisa menjual properti mereka dengan memberikan keuntungan dari persentase penjualan.

Apabila Anda disetujui untuk memasarkan produk perusahaan tanpa ikatan kerja, cobalah menawarkan produk properti secara konvensional dan online. Penawaran secara konvensional dari mulut ke mulut kepada teman, rekan kerja, hingga keluarga.

Ketika Anda sudah mulai mendapatkan satu atau dua pembeli mulailah mendaftarkan diri agar memperoleh lisensi broker properti. Keuntungan memegang lisensi dapat menunjang profesionalitas Anda ketika mencari calon pembeli. Setelahnya jangan lupa mendaftarkan diri menjadi anggota AREBI atau Asosiasi Real Estate Broker Indonesia.

2. Agensi Properti

Tidak sedikit pebisnis yang mendulang kesuksesan dengan menjadi agen properti. Namun, tidak serta merta seseorang tanpa pengalaman bisa menjadi agen. Berawal dari broker properti yang sukses dan memiliki banyak jaringah, akhirnya dapat mendirikan agensi properti sendiri.

Manfaat dari agensi properti tentunya untuk mendapatkan peluang penjualan lebih tinggi. Disamping itu memungkinkan untuk menggandeng developer lebih banyak. Masyarakat lebih percaya mencari rumah melalui agensi properti. Apabila Anda sudah berada ditahapan ini sebaiknya merekrut orang lain sebagai karyawan untuk mempermudah pekerjaan agensi.

3. Developer

Jumlah developer perumahan dan apartemen di Indonesia terus meningkat. Sebab, semua lapisan masyarakat memerlukan hunian. Apabila berbicara kinerja developer terbilang kompleks mulai dari manajemen organisasi, menjalankannya, dan mengawasi proyek.

Seorang developer tidak hanya dituntut memiliki kemampuan memadai pada bidang pemasaran semata. Developer wajib memahami proyek konstruksi, menganalisa lahan potensial, mengurus perizinan dan legalitas, hingga mencari investor yang tepat.

4. Konsultan Properti

Banyak masyarakat masih minim pengetahuan untuk bidang properti. Oleh sebab itu, orang-orang yang hendak membeli rumah akan menemui konsultan properti. Tujuannya agar memperoleh masukan dan saran properti yang ingin dibangun atau dibelinya.

Profesi konsultan properti ini sudah tersebar diberbagai wilayah akan mempermudah analisa pra pembangunan proyek. Kemampuan yang dimiliki seorang konsultan properti antara lain zonasi, pencarian lokasi, negosiasi, analisa pasar, dan finansial.

5. Investor

Apabila Anda memiliki harta kekayaan berlebih dapat memegang peran sebagai investor. Properti bisa menjadi investasi paling aman dengan persentase kenaikan profit setiap tahun meningkat stabil.

Pahami dahulu ada 3 model investasi bagi seorang investor, yakni :

  1. Membeli properti yang strategi kemudian dijual kembali dengan harga tinggi.
  2. Menginvestasikan dana langsung kepada pengembang alias developer. Artinya investor ini mendanai proyek pengembangan perumahan atau apartemen.
  3. Membeli tanah yang potensial dan menunggu beberapa tahun. Selanjutnya tanah tersebut dijual dengan harga lebih tinggi.

Kelima bisnis ini sangat direkomendasikan bagi Anda. Terutama kaum milineal ataupun pemula dapat mengawalinya dengan menjadi broker. Jangan lupa dalam berbisnis melatih kesabaran dan tetap optimis.

Ikuti Cara Bisnis Properti Bagi Pemula

Ikuti Cara Bisnis Properti Bagi Pemula

Pertimbangan Keuntungan Bisnis Hunian (seoblogaf.com)

Menjalani bisnis properti bagi pemula dapat dikatakan menjadi tantangan besar. Perlu keberanian untuk menawarkan produk hingga calon pembeli ‘closing’ alias mencapai kata sepakat. Meskipun Anda mengawali dengan modal minim, tetapi cara jitu berikut ini akan menjadikan bisnis lebih profesional.

1. Membuat Situs Jual Beli Bisnis Properti

Kini teknologi sangat berkembang pesat dan mendukung semakin majunya bisnis. Banyak pebisnis menawarkan produknya secara online melalui website maupun sosial media. Anda dapat melakukan hal serupa untuk menawarkan properti.

Cobalah buat situs jual beli profesional dengan membeli domain resmi (.com atau .co.id) agar lebih dipercaya. Tawarkan properti yang ingin dijual atau disewakan. Disinyalir mencari target pasar melalui situs website lebih luas.

2. Dandani Situs Jual Beli Properti

Sama seperti toko, website juga perlu didandani agar menarik pengunjung untuk melihat properti yang Anda tawarkan. Cara mendandaninya dengan memuat gambar menarik, artikel bermanfaat dan mengandung soft selling, serta video bermanfaat. Anda juga dapat mempublikasikan testimoni dari pembeli properti Anda. Hal inilah yang menjadi daya tarik orang agar menggunakan properti Anda dan menjadi lebih profesional.

3. Menjadi Agen Makelar Properti

Apabila telah memiliki website sendiri akan lebih mudah menjadi agen makelar properti. Anda dapat bergerak secara mandiri, tidak perlu bergantung pada perusahaan. Sistem kerjanya praktis, temukan apa saja properti yang dapat ditawarkan sekitar Anda.

Jika Anda disepakati untuk menjadi agen makelar properti maka dapat mulai menawarkan produk. Penawaran produk ini dilakukan secara online melalui situs website ataupun offline. Jangan lupa membuat kesepakatan terhadap komisi atas produk yang berhasil dijual atau disewakan. Biasanya persentase komisi 2,5 persen dari total harga properti.

4. Membangun Kolaborasi untuk Bisnis Properti

Menjalani bisnis tidak bisa bergerak sendiri, diperlukan adanya kolaborasi. Anda dapat mulai menjalin kolabirasi dengan developer atau perusahaan. Keuntungannya Anda akan memperoleh informai properti yang dijual perusahaan secara berkala. Sehingga, pemasaran menjadi lebih terarah dan Anda menjelaskan kepada calon pembeli dengan lebih detail.

5. Bisnis Sewa Properti

Selain menjual properti dapat pula menyewakannya. Misalnya bekerjasama dengan homestay untuk mencari penyewa harian, bulanan, atau tahunan. Anda dapat menawarkannya sewa kamar atau homestay kepada teman, kerabat, dan keluarga.

sewa

Semua hal besar diawali dengan hal-hal kecil yang dilakukan secara konsisten dan tekun. Sama seperti saat Anda terjun dalam dunia properti tidak boleh terburu-buru. Sebaiknya mengetahui informasi properti dengan jelas, pengetahuan pemasaran, dan melakukan bisnis langsung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengembangan diri Anda untuk menyelami bisnis properti.