7 Ciri Utama Desain Rumah Modern

7 Ciri Utama Desain Rumah Modern

Desain rumah merupakan salah satu hal yang seringkali diperhatikan oleh para pemilik rumah. Ada banyak digunakan salah satunya adalah desain rumah modern yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan desain ini.

Ketahui dulu beberapa ciri desain rumah yang bisa anda aplikasikan. Sehingga tidak akan salah ketika membuat rumah tersebut apa saja ? Berikut informasi lengkapnya.

Desain Rumah Modern

Desain Rumah Modern

Rumah modern merupakan salah satu desain yang banyak digunakan dengan mengutamakan konsep ekonomis efisien dan juga fleksibel. Penggunaan rumah modern ini memang lebih besar, tujuannya dengan pemanfaatan tanah serta dapat digunakan secara maksimal oleh para pemiliknya. Dibandingkan dengan memperhatikan estetika rumah seperti halnya rumah klasik dan beberapa jenis desain lainnya.

Selain itu khusus untuk rumah modern sendiri lebih mengutamakan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah dan tidak menggunakan sesuatu yang dianggap berlebihan. Sehingga sesuai dengan porsi dan kebutuhannya bagaimana dengan ciri rumah yang memang menggunakan desain modern. Berikut ini informasinya.

Desain Furniture Polos dan Bagus

Desain Furniture Polos dan Bagus

Jadi pertama yang bisa didapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan desain modern, yaitu memanfaatkan bahan-bahan yang cukup bagus dan berkualitas. Umumnya rumah modern tidak akan memanfaatkan barang klasik seperti kayu ataupun produk-produk di yang cukup sulit dicari. Tetapi bahan yang digunakan merupakan bahan sederhana.

Dengan dekorasi yang tidak terlalu berlebihan kebanyakan rumah minimalis masuk ke dalam desain interior dengan tipe modern yang memiliki bentuk yang bersih serta polos. Sehingga ketika dilihat tetap seimbang.

Namun tidak berlebihan layaknya rumah klasik kerangka jendela yang rata, disertai dengan beberapa sambungan dan juga rumah dengan tipe terbuka. Menjadikan suasana dari rumah modern tetap hangat dan menyenangkan. Alasan inilah yang menyebabkan banyak orang memutuskan untuk menggunakan desain yang satu ini.

Desain Rumah Modern Kotak atau Kubus

Desain Rumah Modern Kotak atau Kubus

Hal kedua yang bisa dilakukan ketika memutuskan untuk membuat sebuah rumah dan juga desain rumah modern. Maka ciri yang paling mudah terlihat yaitu memanfaatkan bentuk bangunan yang hampir serupa dengan kubus ataupun kotak. Ciri utama dari arsitektur minimalis ini, memang sangatlah simple yaitu memanfaatkan tanah dengan berbentuk kotak ataupun kubus saja.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah para pemilik rumahnya dalam melakukan pergerakan dan juga memanfaatkan ruang yang ada di dalam rumah tersebut. Desain ini akan membantu untuk membuat seluruh ruangan menjadi satu kesatuan dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Desain ini membantu rumah minimalis sederhana. Namun memiliki tipe bangunan yang elegan dan bisa dimanfaatkan untuk hunian yang nyaman dan tetap estetik.

Minim Sekat

Desain Rumah Minim Sekat

Selanjutnya ciri yang bisa dilihat sebagai salah satu desain rumah modern yaitu minim sekat. Ruangan karena mengutamakan sifat fleksibel dan juga modern. Maka rumah ini tidak menggunakan sekat yang terlalu banyak atau bahkan hampir di sebuah ruangan memiliki dua fungsi yang bisa digunakan.

Misalnya saja ruang keluarga dan dapur, sehingga hal ini mempermudah para pemiliknya dalam melakukan pergerakan ataupun melakukan kegiatan sekaligus. Pemain juga cocok sekali bagi anda yang seringkali, menerima tamu ataupun keluarga untuk bisa menikmati waktu dan bercengkerama di rumah anda.

Penggunaan sekat sendiri sebenarnya tetap dilakukan di rumah modern. Tetapi tidak keseluruhan mungkin hanya beberapa area seperti kamar mandi dan bagian gudang saja, yang masih membutuhkan sekat. Hanya saja sekat tidak terlalu banyak. Lebih baik ruangan dibuat sedemikian rupa agar tetap nyaman walaupun privasi dari rumah memang agak berkurang.

Desain Rumah Modern dengan Warna Monokrom

Desain Rumah Modern dengan Warna Monokrom

Ciri lainnya yang bisa digunakan yaitu warna yang ada pada desain rumah modern didominasi oleh warna-warna seperti putih, abu, dan juga hitam. Warna monokrom ini memang paling banyak digunakan karena dianggap paling cocok untuk sifat modern yang dimiliki masyarakat di era milenial ini.

Namun tetap estetik dan tidak terlalu mencolok warna ini juga bisa disesuaikan dengan beberapa barang ataupun furniture yang ada. Sehingga tidak kesulitan dalam memilih produk untuk memadamkannya. Ketiga warna ini dapat diterapkan pada bagian dinding lantai ataupun furnitur dan perabotan di rumah, agar tidak terlihat monoton anda juga bisa menggunakan paketan tertentu dari perabotan dan juga wallpaper. Sehingga rumah tetap terlihat unik dan berbeda.

Menggunakan Bahan Kaca

Menggunakan Bahan Kaca

Jika ingin membangun sebuah desain modern maka anda akan memanfaatkan cukup banyak kaca dalam berbagai sisi di bagian rumah. Kaca menjadi salah satu ciri yang paling mudah dilihat karena dengan adanya kaca maka akan lebih mudah sinar matahari dan juga udara masuk ke dalam rumah.

Arsitektur modern umumnya akan memiliki dinding lantai yang jauh lebih terbuka dibandingkan dengan beberapa desain lainnya penggunaan kaca ini. Bukan hanya sekedar untuk meningkatkan estetika saja tetapi juga untuk membantu fungsi dari rumah tersebut, agar bisa digunakan lebih maksimal lagi. Alasan inilah yang menyebabkan rumah bergaya modern, seringkali dibangun di antara hamparan padang rumput. Sehingga tetap terasa sejuk dan juga nyaman ditempati.

Sederhana namun Keren

Sederhana namun Keren

Walaupun menggunakan material yang sederhana dan tidak terlalu banyak tetapi hasil dari pembuatan rumah ini tetaplah maksimal rumah dengan desain modern. Biasanya menyampaikan kesan sederhana dan juga kembali pada alam.

Dengan begitu anda bisa memanfaatkan bahan seperti dari batu ataupun kaca dan beberapa bahan lainnya. Tetapi hal ini tidak akan mengurangi nilai estetika yang ditampilkan. Arti dari desain rumah modern sendiri yaitu mencari esensi kesederhanaan dengan kualitas bahan yang tetap tinggi dan bagus. Anda mungkin sering kali melihat bahwa rumah modern bisa memanfaatkan kaca, beton, dan beberapa material lainnya yang masih menonjolkan sifat asli bahan tersebut.

Dekat dengan Lingkungan

Dekat dengan Lingkungan

Ciri terakhir yang pasti digunakan oleh rumah desain modern yaitu berhubungan dengan topografi ataupun lingkungan sangat banyak rumah modern yang ada di luar negeri, dibuat di antara lingkungan yang sangat alami dan juga sejuk.

Misalnya saja bersifat ramah lingkungan dan dekat dengan alam inspirasi dari rumah dengan desain modern sendiri sangatlah banyak. Sekolah yang dibangun di tengah hutan hingga membuat air terjun pribadi khusus untuk rumah tersebut. Karakter khas ini tidak bisa dihapuskan, karena desain rumah modern memang memiliki ciri yang paling dekat dengan lingkungan.

Pemanfaatan desain rumah modern sendiri sangatlah banyak, termasuk di indonesia. Namun hal yang harus anda perhatikan, jika ingin memutuskan untuk mendirikan sebuah bangunan yang mengadaptasi sifat modern. Maka anda harus menyediakan lingkungan yang mendukung, karena untuk rumah yang ada di perkotaan dengan lahan yang cukup kecil kurang bisa diadaptasikan dengan baik.

Nantinya debu dan juga polusi lebih mudah masuk untuk itu, jika anda memang tertarik untuk membangun rumah modern. Ada baiknya yang jauh dari perkotaan dan menggunakan atau memanfaatkan lahan yang cukup luas. Sehingga hasil rumahnya bisa menjadi maksimal daratan informasi diatas merupakan beberapa ciri dari desain khusus untuk rumah modern yang bisa anda ketahui.