Tips Beli Apartemen Murah dan Berkualitas

Tips Beli Apartemen Murah dan Berkualitas

Apartemen dapat dikatakan sebagai hunian modern yang tinggi peminatnya. Banyak penawaran beli apartemen dengan harga terjangkau. Rupanya apartement sama seperti rumah memiliki berbagai tipe berbeda. Penghuni apartemen juga beragam, mulai dari karyawan, mahasiswa, hingga satu keluarga.

Cukup membeli satu unit apartemen, Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh pengembang. Menyoal keamanan sudah terjamin dan tidak perlu repot-repot menyewa satpam pribadi. Rupanya apartemen dapat disewakan juga dengan harga variatif sesuai dengan tipe-tipenya.

Tipe-tipe Apartemen

Tipe-tipe Apartemen

Berikut ini berbagai tipe apartemen yang paling banyak dibangun dan terlaris dijual.

1. Tipe Studio

Siapa yang tidak tahu apartemen tipe studio yang menjadi favorit karyawan dan anak muda. Apartemen ini memiliki dapur dan kamar mandi pada setiap unitnya. Sesuai dengan nama tipe ‘studio’ kamarnya pun hanya ada satu. Tipe studio sangat laku keras dijual ataupun disewakan. Pasalnya, harga jual beli apartemen tipe studio maupun harga sewanya terjangkau.

Dilihat dari ruangan dalam tipe studio sengaja didesain multifungsi. Maksudnya dapat dijadikan sebagai ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan terdapat kamar mandi terpisah. Ukuran dari apartemen tipe studio sekitar 20 hingga 36 meter persegi.

Tipe yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang masih tinggal sendirian maupun pengantin baru. Anda dapat menemukan apartemen dengan tipe studi di Jakarta. Bahkan, banyak yang menjuluki apartemen ini sebagai kos-kosan mewah ala karyawan. Banyak pula yang menyewakan apartemen tipe studio dengan sistem sewa bulanan.

2. Tipe 1, 2, dan 3 Kamar Tidur

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, rekomendasi terbaik adalah tipe ini. Dilengkapi dengan 1 sampai 3 kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang tamu, kamar mandi, dan lainnya. Pembagian ruangan pada apartemen ini sama seperti rumah tapak. Harga yang ditawarkan tentu lebih murah dibanding rumah.

Luas apartemen tergantung berapa banyak dan besar kamar tidur yang ada. Uniknya ruagan makan, dapur, dan ruang tamu ditempatkan dalam satu ruangan. Tetapi ada beberapa apartemen yang memisahkan ruangan tersebut, semua tergantung developer dan renovasi dari penghuninya. Biasanya luas apartemen yang memiliki 1 kamar tidur hanya 25 meter persegi.

Unit apartemen dengan 2 kamar tidur luasnya sekitar 30 meter persegi. Sementara, unit apartemen dengan 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur lain sekitar 85 meter persegi. Membeli apartemen tipe ini bisa dikatakan sebagai investasi, karena tidak hanya bisa dijual kembali tetapi dapat disewakan per kamarnya.

3. Tipe Loft

Tipe loft juga cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Memang tipe apartement ini diadopsi dari luar negeri, diman loft artinya bangunan pabrik atau gedung yang dijadikan tempat tinggal. Sebelum resmi menjadi salah satu tipe apartement, loft ditinggali oleh karyawan pabrik dengan dibatasi sekat-sekat.

Tipe ini juga memiliki ciri khas tersendiri yakni pada plafon lebih tinggi dan terdapat mezanine. Penghuni lebih leluasa menggunakan ruangan dan berekspresi pada apartement tipe loft. Banyak pengembang menyediakan unit apartement tipe loft di kota-kota besar.

Ruangan yang berlebih dapat difungsikan sebagai tempat privasi maupun tempat kerja. Dinding tipe loft terbilang lebih tinggi, sehingga dari dalam tampat seperti tinggal dirumah tapak. Para penghuni unit loft biasanya memanfaatkan dinding untuk pajangan lukisan, karya seni, dan hiasan lainnya.

4. Tipe Penthouse

Tipe yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk kalangan menengah keatas. Unit apartement penthouse tergolong mewah dan luasnya lebih lebar. Tahukah Anda penthouse umumnya terdapat dilantai paling atas dari apartemen yang unitnya terbatas, hanya tersedia 1 hingga 2 unit.

Fasilitas tipe penthouse ini juga dilengkapi dengan lift khusus karena letaknya berada pada lantai paling atas gedung. Ukuran penthouse 300 meter persedi lebih, membuat penghuni lebih leluasa menata dan merenovasi interior ruangan.

Harga jual maupun sewa penthouse terbilang mahal karena ‘limited’ dan mewah. Tipe penthouse juga menyediakan jumlah kamar yang bervariasi dari 1 hingga 3 kamar tidur. Sangat cocok ditinggali bersama keluarga maupun pengantin baru.

Seperti itulah 4 tipe apartemen paling populer dan terlaris di Indonesia. Sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang ataupun bisnis sewa apartemen.

Kelebihan Tinggal di Apartemen

Kelebihan Tinggal di Apartemen

Tinggal diapartemen tidak membosankan seperti kata orang. Justru Anda akan memperoleh beragam pengalaman baru dan menikmati berbagai fasilitas. Simak kelebihan tinggal di sana sebelum mantap beli apartemen.

1. Beli Apartemen Berdekatan Lokasi Kerja

Apartemen selalu menjadi pilihan para pekerja atau karyawan dikota besar. Pasalnya, apartemen biasanya dibangun dengan lokasi strategis. Misalnya, dekat dengan pusat pendidikan, perkantoran, perbelanjaan, fasilitas umum, dan pusat pemerintahan. Adapun target penghuni apartemen ini pegawai kantoran, mahasiswa, PNS yang memerlukan tempat tinggal dekat lokasi bekerja.

2. Beli Apartemen Dengan Harga Lebih Rendah

Apabila dibanding dengna harga sewa rumah, harga sewa sebuah unit apartement tergolong lebih rendah. Pasalnya, pembeli apartemen hanya menerima hak atas bangunan saja bukan hak atas tanah. Jadi, tidak perlu repot mengurus sertifikat hak milik tanah ataupun lahan diatasnya.

3. Beli Apartemen Katena Tidak Direcoki Tetangga

Namanya saja hunian modern, sudah pasti bebas dari rumpian tetangga karena tidak ada teras ataupun pekarangan. Bagi Anda yang ingin bebas dari bisik-bisik tetangga dapat segera memesan unit apartemen. Sistem tinggal di apartemen juga berbeda karena pulang langsung masuk dalam apartemen tanpa berkomunikasi dengan tetangga disamping.

4. Beli Apartemen Karena Memiliki Berbagai Fasilitas

Jangan khawatir bagi Anda yang ingin membeli apartement tidak memperoleh keuntungan apa-apa. Anggapan ini salah, sebab para pengembang biasanya menyediakan fasilitas mumpuni. Contohnya, fasilitas lobi, ruang bermain anak, lapangan tenis, ruang fitness atau gym, kesehatan, dan pusat perbelanjaan.

Semua fasilitas ini tentu jarang Anda temukan pada rumah biasa atau komplek perumahan. Unggulnya lagi, para pengelola menyediakan wifi gratis pada titik-titik tertentu. Sehingga, penghuni apartemen dapat merasakan langsung berbagai fasilitasnya tanpa jauh-jauh berkendara ke tempat lain.

5. Beli Apartemen Karena Keamanan Maksimal

Satu hal paling diutamakan ketika memilih tempat tinggal adalah keamanan. Tidak perlu khawatir dan ragu karena tingkat keamanan apartement tergolong tinggi. Terdapat personel keamanan yang siaga menyatroni sekeliling apartement selama 24 jam penuh. Terlebih lagi, terpasang CCTV pada setiap area. Bagi pengunjung yang ingin masuk akan melewati pos penjagaan khusus dan sistemnya sangat ketat.

Menguntungkan Beli Apartement di Kota Besar!

Menguntungkan Beli Apartement di Kota Besar!

Banyak keuntungan tinggal diapartemen seperti yang disebutkan. Keuntungan ini benar-benar nyata dan dirasakan oleh penghuninya. Kini Anda dapat beli apartemen murah dari berbagai kota, sesuai dengan tipe-tipe yang ditawarkan. Meskipun murah, pengembang tetap mengutamakan fasilitas yang memadai dan keamanan para penghuni.

Sistem pembayaran satu unit apartemen juga bervariatif, para pengembang berharap semua orang dapat menikmati tinggal dalam apartemen. Dapat dicicil dengan kartu kredit maupun secara tunai.