Seputar Investasi Rumah Menjanjikan dan Terbaik

Seputar Investasi Rumah Menjanjikan dan Terbaik

Investasi dapat dikatakan salah satu alternatif bisnis yang banyak dipilih masyarakat. Untuk pemula biasanya lebih memilih investasi properti seperti rumah. Pasalnya, investasi rumah lebih aman dan memperoleh keuntungan yang menggiurkan. Rumah dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti toko, sewa, indekos, dan lainnya. Pembahasan kali ini akan menjabarkan mengenai keuntungan, jenis-jenis, dan tips investasi.

Apa itu Investasi?

Apa itu Investasi?

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan guna mengamankan kondisi finansial untuk masa depan. Sebab keuangan dan bisnis tidak selalu stabil, hal inilah mendasari kenapa banyak orang melakukan investasi.

Terutama mengingat batas usia produktif manusia hanya sampai usia 60 tahun. Lebih dari umur tersebut akan digolongkan sebagai lansia yang terbatas melakukan banyak pekerjaan. Dapat dibayangkan usai pensiun tidak memiliki keamanan finansial akan mengalami masa-masa sulit.

Manfaat Investasi Rumah

Investasi memiliki beragam jenis seperti investasi rumah, emas, tanah, saham, dan lainnya. Salah satu investasi yang menjanjikan nilai keuntungan tinggi adalah investasi rumah. Anda harus memahami apa aja manfaat yang diperoleh berikut ini.

1. Investasi Rumah Keuangan Aman

Berinvestasi menjaga kita dari kemiskinan atau kekurangan. Karena, dengan berinvestasi kita akan jauh dari menghambur-hamburkan uang dan justrus menyimpan uang yang lebih untuk dijadikan alat berinvestasi.

2. Investasi Rumah Tidak Terkena Dampak Inflasi

Inflasi bisa terjadi kapan saja dan dalam keadaan apa saja, yang menjadi persoalan adalah apabila inflasi ini terjadi di kondisi Anda yang tidak mendukung. Nah, berinvestasi ini bisa Anda manfaatkan untuk menghindari inflasi.

3. Peningkatan Pendapatan Stabil

Tahukah Anda bahwa pendapatan Anda bisa saja meningkat jika berinvestasi? Ya, investasi dikenal sebagai kegiatan yang mampu meningkatkan nilai aset dan pendapatan. Misalnya saja saat ini Anda membeli rumah seharga 200 juta, tentu besar kemungkinannya rumah yang Anda beli ini harganya meningkat, bisa menjadi 25 juta rupiah atau mungkin 300 juta rupiah.

Walau demikian, tak hanya rumah saja yang bisa menemui kondisi seperti ini. Setelah Anda mengetahui apa saja jenis-jenis investasi, Anda bisa memilih investasi apa yang cocok untuk Anda.

4. Investasi Rumah Minim Resiko

Sudah bukan rahasia lagi bahwa masa depan yang cerah bisa dibuktikan dengan kemakmuran. Untuk saat ini Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dan melakukan investasi, dengan demikian di masa depan nanti masa depan Anda akan lebih cerah dibanding mereka yang tidak berinvestasi sebelumnya.

Macam-macam Rumah

Macam-macam

Rumah yang dikhususkan untuk investasi ternyata memiliki beberapa jenis, antara lain:

1. Bisnis Rumah Indekos

Bisnis yang paling banyak ditemukan terkait investasi rumah adalah bisnis indekos. Keuntungan yang diperoleh jauh lebih tinggi dan setiap tahun mengalami kenaikan sekitar 5%-7%. Adapun keunggulan dari bisnis indekos dapat sekaligus membuat jasa laundry dan catering.

Rumah indekos cocok dibangun dekat dengan daerah kampus, sekolah, maupun perkantoran. Indekos juga memerlukan perawatan tertentu agar para penghuni tetap betah menyewa kos. Disamping itu, perlu dijaga kebersihan dan keamanan karena paling banyak dicari oleh masyarakat.

2. Kontrakan Rumah

Rumah kontrakan dapat menjadi pilihan kedua yakni menyewakan rumah langsung. Pada masyarakat Indonesia, tidak jarang mempraktekkan investasi rumah kontrakan karena keuntungannya menjanjikan. Bayangkan persentase kenaikan kontrakan rumah setiap tahunnya sekitar 3% hingga 5%.

Rumah yang menjadi kebutuhan primer ini juga dilihat dari lokasinya. Oleh sebab itu, pilihlah rumah dengan lokasi strategis, yakni dekat dengan keramaian. Biaya perawatan rumah kontrakan juga terbilang minim karena dibebani oleh penyewanya.

3. Bisnis Toko, Kios, dan Ruko

Rumah dapat menjadi investasi sangat menarik jika dibuatkan ruko, toko, maupun kios. Tetapi lokasi rumah tersebut harus strategis agar harga jual atau sewanya tinggi. Persentase kenaikan keuntungan untuk menyewa rumah ruko sekitar 6% hingga 9% setiap tahun. Sedangkan, untuk investasi rumah toko atau kios keuntungannya naik 5% hingga 10% setiap tahun.

Tips Investasi Rumah Kontrakan

Kontrakan

Investasi paling menonjol dari uraian diatas adalah rumah kontrakan. Alasannya karena minim resiko, keuntungan besar, dan biaya perawatan kecil. Supaya memperoleh keuntungan maksimal, ada baiknya memperhatikan tips-tips berikut.

1. Rumah Dekat Kawasan Industri

Lokasi paling strategis dari rumah yang akan dijadikan kontrakan adalah dekat dengan kawasan industri. Pasalnya, akan mengalami pertumbuhan dari setiap waktu. Tidak hanya berdiri pabrik, kawasan tersebut akan menjadi pusat perkonomian, pemukiman baru, dan komersil.

Intinya, daerah sekitar kawasan industri akan menjadi rantai bisnis dan ekonomi dari industri tersebut. Faktor pendorongnya karena karyawan pabrik yang memerlukan berbagai hal menunjang kehidupannya. Contohnya kebutuhan rumah, makanan, hiburan, dan kesehatan. Jadi, membangun rumah kontrakan dekat kawasan industri merupakan pilihan yang tepat.

2. Membandingkan Harga Tanah

Kunci dari keberhasilan investasi rumah adalah harga tanahnya. Anda dapat mencari rumah dengan harga tanah yang rendah agar modal awal tidak terlalu besar. Ingat, semakin kecil jumlah modal, maka potensi kembali modal bertambah besar.

Selain itu, buatlah pertanyaan mengenai harga sewa bangunan disekitarnya per tahun maupun per bulan. Hal ini dinamakan faktor rate yang akan mempengaruhi harga dan daya sewa dari penghuni kontrakkan.

3. Lokasi Rumah

Lokasi merupakan faktor utama banyak orang mencari rumah kontrakan. Anda dapat mulai mencari lokasi yang lebih spesifik. Contohnya lokasi strategis adalah nyaman ditinggali, berada pada kawasan berkembang, dan tidak jauh dari fasilitas umum.

4. Sumber Air

Selanjutnya, faktor penentuk layaknya rumah kontrakan adalah sumber air. Sebab, manusia tidak bisa hidup tanpa air. Apabila daerah tempat tinggal sulit air ataupun air bersih akan menjadi masalah. Bisa dibayangkan setelah bersusah payah membangun rumah kontrakan tetapi tidak dapat dihuni karena minim air bersih.

5. Denah

Laku atau tidaknya rumah kontrakan dipengaruhi faktor denah rumah. Jadi, rancang sematang mungkin denah rumah kontrakan. Apabila dekat dengan pabrik, biasanya orang lebih memilih rumah model petak. Jangan lupa untuk menyediakan halaman parkir, taman hijau, dan ruang terbuka.

6. Perkiraan Infrastruktur Masa Depan

Perkembangan daerah sekitar dapat berpengaruh terhadap investasi rumah. Anda dapat memprediksikan bagaimana berkembangnya daerah tersebut untuk beberapa tahun mendatang. Terlebih lagi infrastruktur pemerintah dan kegiatan perekonomian Indonesia sedang marak-maraknya.

Keenam tips tersebut sangat penting ketika menentukan rumah mana yang hendak diinvestasikan menjadi kontrakan. Carilah informasi selengkapnya agar keuntungan yang diperoleh pasti dan semakin tinggi.

Alasan Investasi Rumah Subsidi Untuk Kontrakan

Alasan Investasi Rumah Subsidi Untuk Kontrakan

Rumah subsidi merupakan program pemerintah yang sedang dibangun pada berbagai daerah. Sebagai contoh rumah subsidi yang berlokasi di sekitar Jabodetabek dihargai dengan Rp 148 jutaan. Tiap rumah subsidi juga menyediakan sistem down payment (DP) alias uang muka bagi calon pembeli. Range harganya sangat murah, untuk DP sekitar Rp 10 jutaan atau setara 5% -10 % dari harga rumah .

Banyak masyarakat kelas menengah melakukan investasi rumah subsidi. Menyoal pembayaran rumah subsidi juga tergolong murah, ada yang hanya Rp. 1 juta-an setiap bulan. Masa tenor yang dapat dipilih sampai 20 tahun dengan bunga tetap atau fixed rate. Rumah subsidi juga siap huni, sehingga dapat dijadikan lahan investasi kontrakan, ruko, maupun indekos.