Apartemen Murah Pilihan Tepat dan Efektif!

Apartemen Murah Pilihan Tepat dan Efektif!

Apartemen kini menjadi gaya hidup masyarakat kota, sebab hunian ini praktis dan harganya murah daripada rumah. Banyak ditemukan apartemen murah di ibukota, dapat ditinggali karyawan dan menjadi kos-kosan. Apartemen-apartemen ini dapat disewakan maupun diperjual-belikan. Apalagi, hunian modern tersebut dilengkapi berbagai fasilitas memadai dan menjamin tingkat keamanan yang tinggi.

Pembangunan apartemen tergolong terus meningkat, terutama berdekatan dengan kawasan industri, pusat ekonomi, dan perkantoran. Apartemen juga terdiri atas beberapa jenis sama seperti tipe-tipe rumah yang ditawarkan perumahan. Harga sewa dan beli apartement pun bervariatif, tergantung dari lokasi dan tipe-tipe apartemen. Untuk penjelasan selengkapnya, mari simak uraian berikut ini.

Tipe-tipe Apartement

Apabila Anda ingin membeli apartement, sebaiknya perhatikan tipe-tipe berikut ini. Tujuannya agar mendapatkan hunian modern dan praktis berdasarkan kebutuhan.

1. Apartemen Murah Tipe Studio dan Alcove

Tipe Studio dan Alcove

Dalam satu gedung apartemen tipe studio terbilang paling banyak. Meskipun luasnya terbilang kecil 20-30 meter persegi, tipe ini tidak pernah sepi peminat. Mau sewa apartement murah secara bulanan atau tahunan, tipe studio dapat menjadi pilihat tepat. Ukurannya memang terkecil dibanding tipe lainnya, bahkan sering dijuluki hunian sederhana.

Tidak jarang pemilik apartement menyewakan tipe studio dengan penawaran rendah. Ruangan yang ada didalamnya antara lain 1 kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Semua ruangan ini menyatu menjadi satu.

Adapula apartemen tipe Alcove dengan luas yang tidak beda jauh dari tipe Studio. Melihat ukuran dan ruangan terbilang kemiripannya 11 12. Hanya saja letak perbedaannya, tipe Alcove berbentuk L dan terdapat satu ruangan terkecil dijadikan kamar tidur. Banyak orang menganggap tipe Alcove sebagai halfroom.

2. Apartemen Murah Tipe Convertible

Tipe Convertible

Selanjutnya, apartemen tipe Convertible dimana ruang tengah bergabung dengna kamar tidur. Lebih besar dibandingkan tipe pertama, serta tiap ruangan dibatasi dengan dinding partisi. Pembatas ini dapat dibuat oleh developer apartement secara permanen maupun dari partisi temporer.

Dapat dikatakan tipe ini paling ideal untuk hunian modern dan fungsional. Convertible juga cocok ditempati oleh pasangan pengantin baru yang belum memiliki momongan. Tipe satu ini juga masuk dalam kategori apartement murah.

3. Tipe Loft

Tipe Loft

Bagi masyarakat Eropa dan Amerika, tipe apartement Loft merupakan hunian modern yang standarnya ideal. Menyoal kesehatan penghuni sudah pasti terjaga karena sistem sirkulasi udara yang sangat baik. Selain itu, tipe Loft juga terlihat lebih luas, sangat cocok dihuni oleh keluarga kecil.

Anda dapat mengenali tipe Loft dari tinggi langit-langit atau plafon apartemen. Dilengkapi juga dengan jendela besar, membantu pencahayaan dan menjadikan udara apartement lebih segar. Apabila dilihat sekilas tampak seperti loteng. Terdapat sebuah kamar tidur, ruang tengah, dapur, dan kamar mandi dalam tipe Loft.

4. Tipe Junior

Tipe Junior

Apabila Anda menginginkan apartement yang luasnya sedikit besar, bisa memilih tipe junior. Tipe junior ini juga memiliki varian berbeda, sesuai dengan jumlah ruang kamar. Pada tipe junior one bedroom terdapat dinding pemisah kamar tidur dengan ruangan lainnya.

Sementara, tipe junior paling besar memiliki empat ruangaan disebut junior four. Ruangan dalam junior four terdiri atas 2 kamar tidur, ruang tengah, kamar mandi, dan dapur. Kamar tidurnya ada 2 yakni kamar tidur utama yang lebih luas dan kamar tidur biasa (ukuran kecil).

Banyak penghuni tipe junior four yang mengfungsikan kamar tidur biasa sebagai home office dan tempat penyimpanan. Tipe junior ini juga laris manis dibeli maupun disewakan karena penawaran harganya masih standard.

5. Tipe Duplex & Triplex

apartemen murah Tipe Duplex & Triplex

Ada tipe apartement lebih mewah dari empat tipe sebelumnya, yakni tipe Duplex dan triplex. Jika diibaratkan sebagai rumah, apartement ini memiliki dua tingkatan. Sangat direkomendasikan untuk hunian keluarga dengan jumlah anggota banyak. Untuk duples memiliki 2 tingkat dan triplex memiliki 3 tingkat. Jumlah kamar tidur yang disediakan tipe ini hampir sama yakni 1 kamar tidur utama dan 2-3 kamar tidur biasa.

6. Tipe Classic Six

apartemen murah Tipe Classic Six

Ada tipe apartement Classic Six tergolong menengah dan banyak digemari oleh negara-negara Eropa. Namun, tipe ini jarang ditemui di Indonesia. Jadi jarang terdengan apartement Classic Six sebab sering dibanugn dalam gedung tua. Apartement tipe satu ini tetap kokoh dan dibangung dengan pondasi kuat, hanya saja gedungnya merupakan hasil renovasi.

Harga jual dan sewa Classic Six masih terjangkau karena ditargetkan untuk hunian kelas menengah. Biasanya tipe ini memiliki tiga buah kamar tidur, dengan 1 kamar utama dan 2 kamar kecil. Terdapat ruang tengah, kamar mandi, dan dapur berukuran cukup luas.

7. Tipe Garden

apartemen murah Tipe Garden

Selanjutnya, ada apartement tipe Garden yang dikonsep suasana hijau dari alam. Menyoal sirkulasi udara tentu saja segar dan bersih karena menghadap arah taman. Umumnya unit tipe basment berada di lantai dasar gedung apartemen. Banyak orang minat menghuni tipe Garden karena terasa seperti tinggal dalam rumah biasa.

Ketujuh tipe unit apartement inilah yang banyak ditawarkan oleh developer. Beli apartement murah dari tipe studio, tipe loft, dan tipe junior. Anda dapat membeli apartement kemudian menyewakannya lagi agar memperoleh keuntungan.

Tips Memilih Apartemen

Melihat iklan apartement tentunya sangat menggiurkan, terlebih lagi arsitekturnya terlihat mewah dan terbaru. Namun, nilai apartement tidak hanya bergantung pada desain interior semata. Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak salah memilih apartement.

1. Apartemen Murah – Lokasi Strategis

Bukan rahasia lagi para pekerja di kota-kota besar lebih memilih tinggal di apartement. Sama seperti mahasiswa akan memilih hunian yang dekat dengan kampusnya. Dari sini terlihat jelas, lokasi apartement yang strategis menjadi nilai lebih.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya memilih apartement yang dekat dengan perkantoran, fasilitas umum, pusat pendidikan, maupun pusat pemerintahan. Untuk target penghuninya seperti karyawan dan mahasiswa yang akan menjalani aktivitas sehari-hari disekitar apartement.

2. Membandingkan Harga

Apabila target Anda apartement murah sebaiknya lakukan perbandingan harga satu developer dengan developer lainnya. Harga apartement juga tergantung fasilitas dan tingkat keamanan yang disediakan.

3. Fasilitas Tersedia

Idealnya setiap apartement memiliki area parkir tersendiri bagi para penghuninya. Perhatikan fasilitas apa saja yang tersedia karena ini menjadi nilai tambah jika akan disewakan kembali. Misalnya terdapat fasilitas lobi, pusat kebugaran, pusat perbelanjaan, lapangan tenis, dan tempat bermain anak. Tidak jarang developer apartement menyediakan WiFi gratis untuk setiap lantainya. Jadi, para penghuni akan memperoleh langsung manfaat gedung apartement tanpa perlu pergi keluar gedung.

4. Tingkat Keamanan Apartemen Murah

Sama seperti komplek perumahan, rupanya apartement juga terdapat sistem pengamanan. Sebab, jika ditotalkan penghuni satu gedung apartement bisa mencapai angka puluhan keluarga atau orang. Anda wajib memilih apartement yang menyediakan petugas keamanan dan CCTV pada setiap titik. Apartement yang baik akan diawasi 24 jam penuh oleh petugas keamanan. Selain itu, sistem keamanan keluar masuk tamu juga ketat.

Apartement murah sangat layak huni ini tidak pernah sepi peminat. Bahkan, banyak orang memanfaatkan beli apartement murah sebagai ladang bisnis, seperti menyewakannya kembali. Semoga ulasan diatas bermanfaat.