Membangun Rumah Budget Minimal, Hasil Maksimal

Membangun Rumah Budget Minimal, Hasil Mencengangkan!

Setiap orang berimpian memiliki rumah sendiri yang dihuni bersama keluarga. Sehingga berusaha membangun rumah sesuai keinginan dan kebutuhan. Cara lainnya dengan membeli rumah siap huni melalui developer maupun agen properti. Biaya pembangunan pun bisa disiasati dengan tips-tips seperti uraian berikut ini.

Standard Tipe Rumah

Secara global rumah dibangun berdasarkan standar tipe bangunan tersendiri. Umumnya masyarakat membeli rumah berdasarkan jumlah penghuninya.

1.Tipe Rumah 54

Tipe 54

Tipe rumah 54 paling digemari alasannya karena harganya tidak begitu mahal. Pembelinya berasal dari golongan menengah dan golongan atas. Ukuran standar untuk tipe ini yakni 9×6 meter persegi.

Biasanya terdapat 1 kamar utama dengan toilet didalamnya dan 2 kamar biasa. dan terdiri dari 3 kamar. Sangat dipilih untuk dihuni oleh keluarga besar dengan jumlah keluarga lebih dari 4 orang. Ciri khas dari tipe 54 yakni lantai bertapak dan ruangan lebar.

2.Tipe Rumah 60

Tipe 60

Tipe 60 merupakan rumah yang luasnya 6×10 meter persegi. Biasanya dibeli oleh masyarakat golongan menengah ke atas. Kamar tidurnya juga cukup banyak, ada 3 kamar tidur tambahan dan 1 kamar tidur utama. Banyak ditemukan rumah tipe 60 yang memiliki 2 lantai.

3.Tipe Rumah 70

Tipe Rumah 70

Selanjutnya, tipe 70 yang menyajikan ruangan lebih luas. Sangat direkomendasikan bagi keluarga besar dengan jumlah anggota keluarga lebih dari 5 orang. Rumah tipe ini juga dapat ditinggali sampai 2 generasi keluarga.

Standar tipe rumah 70 ternyata bervariasi, ada 7×10 meter persegi dan 5×14 meter persegi. Jika dilihat-lihat memang persis seperti tipe 60. Kamar tidur dalam rumah ini ada 1 kamar tidur utama dan 3 kamar tidur tambahan. Para developer properti sering membangun tipe 70 menjadi 2 lantai guna menyiasati kavling tanah.

4.Tipe Rumah 120

Tipe Rumah 120

Tipe 120 sering dijuluki sebagai rumah super mewah dan megah. Bangunan rumah ini diperuntukkan bagi kalangan menengah keatas. Berdiri diatas lahan yang luasnya 120 meter persegi. Tipe 120 memiliki dimensi 10×12 meter persegi dan 8×15 meter persegi.

Sering ditemukan rumah tipe 120 dengan 2 sampai 3 lantai. Jumlah kamar juga bervariasi, serta disesuaikan dengan kebutuhan. Pemilik rumah pun lebih leluasa mengeksplorasi desain interior dan eksterior rumah ini.

Tips Membangun Rumah Murah

Tips Membangun Rumah Murah

Anggaran Bangun Rumah (bosproperti.com)

Apabila dipertimbangkan secara matang, beberapa orang lebih memilih membangun rumah. Menyoal biaya membangun rumah harus dihitung sejak awal. Ingat selalu siapkan dana cadangan untuk keperluan mendadak.

1. Susun Skala Prioritas

Sebelum memasuki tahap pembangunan rumah, orang akan mempertimbangkan skala prioritas. Anda harus melakukan survei langsung ke lapangan dan diinternet. Hindari pula mengikuti ‘kata orang’ karena belum tentu benar. Anda juga harus berkomitment tidak membeli tambahan perabot sebelum pembangunan rumah benar-benar selesai.

Contohnya, membuat list bahan bangunan apa yang diprioritaskan yakni semen, batu bata, asbes, cat, dan material lain. Perkirakan juga bangunan rumah berapa lantai, banyak ruangan, dan halaman rumah. Supaya desain interior rumah tampak cantik bisa menggunakan wallpaper.

2. Manfaatkan Material Bangunan Masih Layak

Sebenarnya ketika membangun rumah tidak melulu harus membeli material baru. Anda dapat menggunakan material lama atau bekas yang masih layak pakai. Bahkan, material-material second hand ini bisa direstorasi. Contohnya pintu dan jendela, genteng, hingga perlengkapan sanitasi.

Cara restorasinya bisa dilakukan sendiri yakni mengecat ulang serta mengoles politur diatasnya. Faktanya, banyak orang mengkreasikan lantai dengan hanya bermodalkan marmer bekas. Alhasil, tampilan rumah Anda lebih artistik dan bisa menekankan budget.

3. Menggunakan Rumus Dasar Bangunan

Rupanya ketika pembangunan rumah, para developer menggunakan rumus dasar khusus. Rumus ini merupakan perhitungan agar tidak terjadi pembengkakan biaya pembangunan. Anggaran yang dibuat juga lebih merinci, caranya dengan menghitung volume bangunan dan ruangan-ruang didalamnya.

Meskipun menerapkan rumus dasar bangunan, Anda harus benar-benar disiplin. Sehingga rumah dapat selesai secara optimal dan biaya yang dikeluarkan minim. Apabila rumah dibangun dari awal, perhatikan biaya pembersihan lahan, material bangunan, pagar, tanaman, sampai biaya pekerja bangunan.

Percayakan pembangunan rumah pada pengerjaan sipil. Terutama saat membangun pondasi, rangka atap, dinding, kolom harus benar-benar kokoh. Semua elemen ini juga menghabiskan biaya yang bervariatif.

Disamping itu, rumus dasar bangunan juga harus meliputi biaya mekanikal, instalasi listrik, dan pumbling. Setiap ruangan dalam rumah juga perlu tata suara, pengaturan sirkulasi udara bersih dan udara kotor.

4. Memperkirakan Rencana Pengeluaran Realistis

Perhitungan anggaran pembangunan rumah juga harus realistis. Jangan sampai perkiraan jauh lebih tinggi maupun lebih rendah. Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) diatas kertas, susun berdasarkan material yang digunakan dan biaya pengerjaannya. Contohnya, perhitungan besaran komponen beton dengan mengukur volume dalam satuan meter kubik (m3) atau isi. Analisa dengan material bangunan setiap m3 @Rp.000,00.

5. Anggaran Dana ke Toko Material

Langkah membangun rumah murah diawali dengan perhitungan harga material bangunannya. Dalam hal ini sangat direkomendasikan untuk bekerjasama dengan toko bangunan. Maksudnya, agar memperoleh kemudahan bahan-bahan bangunan dengan cara angsuran pembelian.

Angsuran tersebut biasanya dapat dilakukan pada toko material yang pemiliknya dikenal baik. Namun, jangan khawatir beberapa supplier bahan bangunan di kota-kota besar menyediakan program angsuran tersendiri. Biasanya mengandalkan sistem pembayaran tempo, tentunya sebelum rumah benar-benar dibangun.

6. Sediakan Anggaran Cadangan

Usai dana pembangunan rumah diperkirakan dengan teliti, tidak hanya berpatokan pada nominal tersebut saja. Wajib menganggarkan dana cadangan, sebab sering terjadi pengeluaran mendadak. Misalnya, setelah membeli batu bata dan asbes ternyata kurang dari perkiraan jumlah. Selain itu, apabila anggaran cadangan tidak terpakai bisa dibelanjakan untuk perabot rumah.

Rekomendasi Rumah Minimalis Minim Biaya

Zaman semakin modern, jumlah tanah semakin sedikit akibat telah menjadi hak milik orang lain. Jadi, banyak yang mengakalinya dengan membeli tanah kavling dan membangun rumah minimalis. Rumah modern ini disenangi karena biaya membangun rumah minimalis yang relatif rendah. Berikut model rumah minimalis paling sering ditemukan.

#1 Minimalis Modern Nuansa Kayu

Walaupun kini teknologi dan arsitektur semakin modern, model minimalis bernuansa kayu juga menjadi pilihan pas. Mengusung desain compact jadi penataan dan cara membersihkannya juga praktis. Nuansa kayu dapat digabungkan dengan warna cokelat dan abu-abu. Alhasil, interior rumah tampak lebih mewah dan modern.

Anda juga dapat mengaplikasikan sentuhan kayu pada bukaan jendela. Sesuaikan pula dengan gorden yang berwarna senada. Pemilihan warna yang tepat akan membuat penghuninya betah berlama-lama berada dalam ruangan.

#2 Minimalis Nuansa Hitam

Memang banyak orang menghindari nuansa hitam pada ruangan karena dianggap menyeramkan. Namun, nuansa hitam yang digabungkan dengan nuansa kayu menimbulkan kesan elegan. Tampilan interior rumah pun semakin mencuri perhatian, berbeda dari desain minimalis lainnya.

Jangan lupa menempatkan kaca jendela yang berukuran besar supaya pemandangan dan pencahayaan lebih tertangkap. Manfaat menggunakan kaca juga membuat ruangan tampak lebih luas.