Informasi Lengkap Perbaikan Rumah Masa Kini

Wajib Tahu, Informasi Lengkap Perbaikan Rumah Masa Kini!

Perbaikan rumah atau renovasi hunian dikatakan sebagai suatu keharusan agar penghuni tetap nyaman. Terutama setelah properti rumah menginjak usia 10 tahun, biasanya dilakukan perbaikan. Rata-rata pemilik rumah terkendala dengan masalah material dan biaya. Renovasi rumah ternyata dapat disiasati untuk menekan biayanya.

Sebenarnya memperbaiki rumah tidak bisa melihat dari usia bangunan. Anda harus mengenali tanda-tanda rumah sudah harus diperbaiki. Selanjutnya, lakukan tips-tips perbaikan rumah seperti uraian dibawah ini. Tidak perlu mengkhawatirkan eksekusi lapangan karena dapat ditangani oleh jasa perbaikan rumah yang handal.

Kenali Tanda-tanda Rumah Harus Diperbaiki

Suasana lama terkadang membuat penghuni rumah bosan. Jadi, diperlukan salah satu resolusi terbaik untuk memperbaiki rumah. Coba kenali tanda-tanda berikut ini yang menunjukkan rumah Anda sudah layak diperbaiki.

1. Cat Dinding Pudar, Lakukan Perbaikan Rumah

Perbaikan Rumah - Cat Dinding Pudar

Warna cat dinding yang lebih dari 3 tahun biasanya terlihat lebih pudar. Tentu saja warna dinding ini mempengaruhi kehangatan dan suasana rumah. Idealnya mengganti cat dinding setiap 1 hingga 2 tahun sekali. Anda juga dapat menambahkan ornamen dinding dengan wallpaper yang cantik. Jangan biarkan cat dinding rumah tidak diganti lebih dari 5 tahun karena akan terlihat usang dan menyeramkan.

2. Jendela dan Pintu Usang, Lakukan Perbaikan Rumah

Perbaikan Rumah - Jendela dan Pintu Usang

Memang kebanyakan pemilih rumah lebih fokus memperbaiki lantai dan atap saja. Sedangkan jendela dan pintu kurang diperhatikan. Terlebih lagi jika berbahan material kayu, sangat rawan rayap dan rapuh termakan usia. Hal pertama yang dilihat tamu ketika berkunjung adalah pintu. Apabila pintu atau jendela sudah rapuh, penuh kotoran, engsel rusak segera ganti denga yang baru.

3. Minim Dekorasi

Perbaikan Rumah - Minim Dekorasi

Dekorasi rumah tidak harus selalu ramai, semua dapat diatur sesuai keinginan pemiliknya. Namun, dekorasi yang minim bukan ide yang tepat. Mulai sekarang cobalah memasang sedikit ornamen pada dinding, seperti bingkai foto maupun lukisan. Adanya dekorasi akan menambah estetika ruangan lebih artistik.

4. Kekurangan Ruang

Kekurangan Ruang

Rumah yang dihuni keluarga biasanya mengalami penambahan anggota baru yang baru lahir alias bayi. Seiring bertambahnya usia manusia memerlukan ruangan untuk beristirahat dan mengerjakan aktivitas lainnya. Hal inilah yang menyebabkan perlu adanya penambahan ruangan.

Tidak hanya itu, semakin lama barang-barang akan bertambah menumpuk. Akibatnya tata letak menjadi tidak teratur dan mengandalkan lemari sebagai penyimmpanan. Jadi, tidak ada salahnya menambah ruangan baru untuk penyimpanan.

5. Gudang Tidak Terjamah

Gudang Tidak Terjamah

Setiap rumah memiliki gudang untuk menyimpan barang-barang tidak terpakai. Biasanya barang-barang tersebut akan bertambah dan membuat gudang penuh. Sehingga, tidak jarang pemilik rumah memperlebar gudang.

Tips Perbaikan Rumah Minim Budget

Tips Perbaikan Rumah Minim Budget

Banyak tips bisa diterapkan untuk perbaikan rumah yang tentunya sangat membantu Anda menyusun rencana. Selain itu, gunakan bantuan perbaikan rumah karena Anda tidak dapat merenovasi rumah sendirian.

1. Menyusun Skala Prioritas

Ketika ingin melakukan perbaikan rumah sebaiknya jangan terlalu mengikuti kata orang. Analisa terlebih dahulu apakah ‘kata orang lain’ benar atau hanya akan menghabiskan biaya sebelum rumah selesai diperbaiki. Cobalah menyusun skala prioritas apa saja yang menjadi perhatian perbaikan.

Misalnya, biaya menambah kamar tidur anak atau menambah ruang dapur kotor dihalaman belakang. Jangan heran jika banyak godaan berdatangan untuk membeli meja belajar, wallpaper, atau lemari. Ujung-ujungnya budget membengkak sebelum perbaikan selesai.

2. Manfaatkan Bahan Bangunan Bekas Masih Layak

Apabila Anda sudah melakukan perbaikan beberapa kali coba lihat apakah ada bahan bangunan yang masih dapat digunakan. Bahan bangunan ini harus dengan kondisi bagus seperti genteng, pintu, jendela, hingga peralatan sanitasi.

Tidak perlu membeli baru karena dapat dicat ulang dan dipoles dengan politur. Marmer bekas juga dapat dijadikan pilihan tepat agar mempercantik interior bangunan. Cukup gunakan kreatifitas Anda supaya hasilnya lebih artistik.

3. Memahami Rumus Dasar Perbaikan Rumah

Ternyata ada berbagai metode perhitungan untuk budget renovasi rumah. Anda dapat mengecek metode-metode tersebut satu persatu. Setelah itu bandingkan mana metode paling efisien dan hemat. Lakukan pula perhitungan anggaran lebih rinci, caranya hitung volume dan perkiraan harga seluruh pekerjaan renovasi.

Sebaiknya disiplik dalam menerapkan tips ini supaya renovasi maksimal dengan anggaran minimal. Awali dengan menyusun seluruh unsur pengerjaan, mulai pada tahap awal pembangunan hingga finishing.

Adapun unsur pengerjaan biasanya biaya pembersihan lahan, pagar pengamanan, cut and fill, mobilisasi, sampai demobilisasi. Setelah itu, ada renovasi pengerjaan sipil seperti membangun pondasi, kolom, dinding, sloof, dan rangka atap. Semuanya memerlukan biaya yang wajib diperhitungkan.

Rincian unsur pengerjaan ini harus fleksibel, sebab dapat bertambah seperti penambahan plafond, dinding, dan penutup atap. Selain itu, ada pula biaya instalasi elektrikan, mekanikal, dan pumbling. Biaya instalasi tersebut tersusun dari jaringan telepon, listrik, tata suara, saluran air bersih dan kotor, serta udara.

Belum lagi pekerjaan halaman seperti jalan setapak, halaman, dan taman. Jika ini Anda ikuti, walhasil tak akan pernah tercapai anggaran yang sudah dibuat. Ingat, fokus ke skala prioritas dan biaya yang sudah ditentukan.

4. Memperkirakan Rencana Pengeluaran Realistis

Memperkirakan perhitungan biaya pengeluaran harus dibuat dengan realistis. Anda dapat melakuk perhitungan secara mandiri maupun melalu bantuan perbaikan rumah. Ingat untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangunan disusun berdasarkan komponen pekerjaan dan jenis material.

Misalnya, untuk menghitung besaran komponen beton dengan menghitung volume dalam satuan isi atau meter kubik (m3). Setelah mendapatkan hasilnya maka kali dengan harga satuannya. Alhasil, didapat analisa penggunaan material banguna per m3 @Rp,000/m3.

5. Kerjasama Dengan Toko Material Untuk Perbaikan Rumah

Tidak ada salahnya menjalin kerjasama dengan toko material bangunan. Kini, banyak toko memberi kemudahan bagi pembeli yang hendak merenovasi rumah. Ada kerjasama dengan angsuran sebelum pembelian material bangunan.

Sehingga, kedua pihak saling untung. Pembeli dapat menganggarkan dana renovasi dengan bertahap, sementara toko bangunan terbantu karena pembelian stock rutin ke supplier mereka. Kerjasama ini disebut juga sistem pembayaran tempo, biasanya bisa dilakukan jika pemilik toko kenal baik dengan Anda.

6. Anggaran Cadangan Pengeluaran Tak Terduga

Memperbaiki rumah terkadang tidak diduga-duga ada pengeluaran mendadak. Selain itu, jangan tergiur dengan renovasi rumah seperti milik tetangga. Tetap sesuaikan dengan rencana awal. Terkadang kondisi bangunan atau kondisi lingkungan menyebabkan anggaran tidak terduga muncul.

7. Jasa Perbaikan Rumah Profesional

Bagi penduduk kota umumnya lebih mempercayakan perbaikan rumah kepada jasa kontraktor. Anda harus menemukan jasa perbaikan rumah terpercaya dan benar-benar profesional. Bisa diperoleh dari rekomendasi teman, keluarga, maupuun internet.

Menggunakan jasa resmi juga lebih terjamin kenyamanan ketika renovasi, proses, dan hasil akhir benar-benar berkualitas. Ketika hendak menggunakan jasa profesional juga jangan tergiur harga murah. Percayakan dengan jasa yang berpengalaman karena lebih teliti, jujur, dan profesional. Pilih juga jasa perbaikan untuk rumah yang mudah diajak diskusi mengenai biaya.