Beberapa Tips untuk Investasi Tanah

Tips untuk Investasi Tanah

Tanah dapat dikatakan sebagai sumber daya alam yang paling diminati manusia. Pasalnya, tanah sulit punah dan nilai ekonomis cenderung meningkat sepanjang waktu. Kini investasi tanah menjadi alternatif untuk mengamankan aset, serta memperoleh pundi-pundi uang lebih besar.

Tips untuk Investasi Tanah

Investasi dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan sudah menjelma sebagai gaya hidup. Investasi tanah kavling merupakan salah satu paling diminati investor profesional hingga orang awam. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Investasi Tanah?

Apa Itu Investasi Tanah?

Umumnya seseorang melakukan investasi bertujuan memperoleh keuntungan sekaligus mengamankan harta. Investasi tanah berbeda dengan saham yang dikenal dengan penanaman modal. Tergolong dalam investasi properti yang clean, clear, and free. Investasi ini sangat menjanjikan dan aset yang diperjual belikan lebih nyata.

Apa Itu Investasi Tanah Kavling?

Apa Itu Kavling?

Tanah yang paling sering dijadikan investasi terbaik adalah tanah kavling. Tanah kavling merupakan tanah yang menyajikan ukuran pasti. Lokasi tanah juga fleksibel, dalam perumahan maupun di luar perumahan. Biasanya tanah kavling dimanfaatkan untuk pembangunan ruko, toko, hingga perumahan.

Misalnya, tanah kavling yang terletak di daerah Serpong, Tangerang. Dilansir dari salah satu majalah properti terkemuka di Indonesia kenaikan tanah di lokasi tersebut mencapai 300 persen. Terlebih lagi berada dekat dengan infrastruktur dan akses ke kota cukup cepat. Keadaan tersebut memicu investasiĀ di daerah Serpong menjadi sukses.

Ini 6 Tips Memilih Investasi Tanah Kavling

Ini 6 Tips Memilih Investasi Tanah Kavling

Investasi tanah menjanjikan keuntungan besar ini rupanya dapat dibeli dengan harga terjangkau. Rata-rata pengusaha properti handal memilih investasi tanah murah untuk dialokasikan sebagai bangunan perumahan dan pengembangan lainnya. Selain itu, dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok. Agar Anda memperoleh kesuksesan investasi, sebaiknya simak tips berikut ini.

#1 Cari Lokasi Strategis untuk Investasi Tanah

Pertama, pilihlah lokasi tanah yang strategis karena nilainya tinggi dibandingkan hanya tanah kosong. Terutama tanah yang berada di sekitar lingkungan adalah lahan yang segar. Persentase kenaikan tanah sepanjang tahun juga mengalami peningkatan yang signifikan.

#2 Beli Dari Developer Terbaik

Anda dapat membeli tanah kavling melalu developer terbaik. Misalnya, memilih tanah kavling yang berada dalam cluster yang tengah dibangun developer. Pahami bahwa developer terbaik umumnya tidak menjual tanah dan memasang iklan penjualan dimana-mana. Developer profesional seperti ini lebih memilih meningkatkan nilai jual produk mereka.

#3 Cek Kondisi Tanah

Kunci utama dari keberhasilan penjualan tanah adalah kondisi tanah itu sendiri. Contohnya bentuk tanah persegi panjang, persegi, maupun trapesium. Hal ini penting karena sebagian besar pembeli mempertimbangkan bentuk tanah yang akan dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Pahami permintaan pasar apakah sedang marak pembangunan toko, wallet, komplek perkantoran, dan pengembangan lainnya.

Kondisi tanah sangat berpengaruh dalam mendapatkan keuntungan bagi calon pembeli. Selain kondisi, kontur tanah juga berpengaruh. Biasanya pembeli lebih menyukai tanah datar dibanding tanah dengna kontur miring. Tanah miring sangat berisiko terkena longsor, sehingga harga yang dipatok biasanya lebih murah dan kenaikan harganya sangat tipis.

#4 Perhatikan Kelengkapan Surat dan Legalitas Tanah

Sebidang tanah juga wajib memiliki kelengkapan surat dan legalitas. Hal ini akan berpengaruh terhadap nilai investasi tanah. Jangan sampai Anda merugi karena menginvestasikan uang diata tanah sengketa atau legalitasnya masih kabur. Periksa dahulu seluruh kelengkapan surat tanah, apakah tanah tersebut telah terdaftar secara resmi di Badan Pertanahan Nasional.

Banyak tanah yang diperjual-belikan dengan surat kesepakatan yang ditandatangani oleh kepala adat atau desa dan saksi-saksi. Tanah seperti ini kemungkinan besar dapat menimbulkan sengketa di masa mendatang. Saat hendak berinvestasi perhatikan akte tahah, sertifikat, PBB, dan kelengkapan legalitas lainny.

#5 Sistem Pembayaran pada Investasi Tanah

Sistem pembayaran pada investasi tanah biasanya fleksibel, ada beberapa yang tidak memerlukan modal penuh. Maksudnya, pembayaran dapat dilakukan dengan cara mencicil melalui lembaga pembiayaan atau bank. Investasi tanah murah seperti ini menggunakan sistem jatuh tempo maupun sistem bagi hasil.

Contohnya tanah yang telah dibeli kemudian sewakan untuk lahan pertanian. Dari hasil pertanian tersebut akan dibagi dua tiap kali panen dengan petani. Anda dapat menggunakan hasil tersebut untuk melunasi sisa pembayaran. Sehingga, terhitung investasi awal Anda lebih kecil.

#6 Nilai Jual Kembali

Keberhasilan investasi tergantung dari nilai jual kembali atas tanah kavling. Spesifiknnya menunjukkan harga jual tanah lebih mahal apabila tempo waktunya lama. Contoh tanah dijual setelah lewat tempo 5 tahun akan ditawarkan dengan harga lebih tinggi daripada ketika Anda membelinya. Dapat disimpulkan bahwa semakin lama waktu tunggu, maka harga jual akan semakin tinggi. Ingat harga tanah akan mengalami kenaikan setiap tahun bukan pengurangan.

Keunggulan Investasi Atas Tanah

Keunggulan

Rupanya banyak orang tergiur melakukan investasi tanah karena sejumlah keunggulan berikut ini.

1. Selalu Dibutuhkan

Tanah selalu dibutuhkan sepanjang waktu, tidak pernah terbuang sia-sia. Terlebih lagi pemerintah memprioritaskan program pembangunan setiap tahun. Program tersebut memerlukan lahan sangat luas dan besar. Ketersediaan tanah di muka bumi tidak dapat ditambahkan. Sementara, kondisi pembangunan selalu alami peningkatan. Akibatnya, harga tanah semakin lama akan terus bertambah.

2. Capital Gain

Sudah rahasia umum lagi harga tanah selalu meningkat. Jumlah tanah yang statis berbanding tebalik dengan kebutuhan bangunan yang semakin bertambah. Setiap bangunan pun harus berdiri diatas lahan kosong. Di Indonesia sendiri kenaikan harga tanah bisa meningkat hingga 25 % setiap tahun.

Jika diibaratkan dalam kondisi ekonomi, tanah memiliki hara 2x lipat pada kurun waktu 5 tahun. Investasi ini juga tergolong mudah dilakukan oleh apra pemula dengan capital gain signifikan. Nilai modal baliknya tinggi asalkan tidak menjual tanah secara terburu-buru atau dalam waktu singkat. Kenaikan harga tanah lebih terlihat setelah dibiarkan dalam waktu 5 tahun.

3. Biaya Perawatan Rendah

Investasi otomotif selalu memerlukan biaya perawatan tidak seperti tanah. Meskipun harganya terus meningkat, pemeliharaannya hanya membutuhkan dana yang minim. Jika ingin memperoleh keuntungan lebih, Anda dapat membangun tanah menjadi ruko, perumahan, gedung, dan bangunan lainnya.

4. Nilai Tambah

Tanah yang dibiarkan begitu saja nilai jualnya memang bertambah setiap tahun. Tetapi, jika lahan tanah tersebut dikembangkan nilainya akan lebih meningkan. Terutama letaknya sangat strategis dan dekat dengna pemukiman warga. Sudah dipastikan nilai tanah tersebut dapat dijual dengna harga lebih mahal berkali-kali lipat.

5. Tidak Ada Pengurangan Nilai Jual

Ketika menunggu waktu penjualan tanah, umpamanya 5 tahun sama sekali tidak terjadi pengurangan nilai. Tanah kosong dapat digunakan untuk area parkir dan lainnya. Sehingga, waktu tunggu tidak terbuang sia-sia dan dapat menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan.

6. Minim Risiko Kerusakan

Tanah tidak seperti investasi lainnya yang berisiko. Salah satu magnet penarik orang melakukan investasi ini karena risiko kerusakan tanah sangat minim atau mendekati nol. Banyak investasi lainnya yang berisiko rusak seperti investasi uang dan emas.

7. Tidak Hilang

Investasi tersebut juga tergolong sangat aman karena kemungkinan tanah dicuri atau hilang sangat kecil Asalkan, Anda memegang sertifikat kepemilikan tanah maka investasi menjadi aman.