Tips Gadai Sertifikat Rumah Menguntungkan

Tips Gadai Sertifikat Rumah Menguntungkan

Kebutuhan ekonomi semakin hari akan meningkat, misalnya pangan, sandang, dan papan. Sementara, tidak semua lapisan masyarakat sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akibatnya banyak yang mengajukan jam kerja ekstra, mengajukan pinjaman, dan menggadaikan barang. Salah satu harta kekayaan paling sering digadaikan adalah rumah. Ternyata gadai sertifikat rumah juga memiliki berbagai keunggulan. Proses pencairan dana pun terbilang cepat dan aset tetap aman.

Apa itu Gadai?

Apa itu Gadai?

Gadai dapat didefinisikan secara hukum melalui peraturan perundang-undangan. Pengertian gadai secara umum termaktub pada Pasal 1150  Kitab  Undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata), Pasal tersebut berbunyi, “Gadai merupakan hak yang didapatkan pihak kreditur atas suatu benda bergerak yang bertubuh maupun tidak bertubuh, dimana hak tersebut diberikan dari debitur ataupun orang lain atas namanya dengan maksud menjamin suatu hutang. Pemberi kewenangan atas hak kepada kreditur supaya memperoleh pelunasan dari barang tersebut didahului daripada kreditur-kreditur lain terkecuali biaya diperuntukkan melelang barang dan biaya telah dikeluarkan guna memelihara benda tersebut, berikut biaya-biaya apa saja yang harus didahulukan.”

Meninjau maksud gadai dalam KUH Perdata tersebut, ditarik beberapa poin menjadi unsur pokok gadai, antara lain :

  • Gadai lahir karena adanya perjanjian penyerahan hak atas objek gadai yang diberikan kepada kreditur pemegang hak gadai;
  • Penyerahan objek gadai bisa dilakukan oleh debitur maupun melalui kuasa yang diberikan kepada orang lain masih atas nama debitur;
  • Objek gadai terbatas pada benda bergerak, baik itu berbentuk atau tidak berbentuk.

Syarat-syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Syarat-syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Debitur harus memenuhi sejumlah syarat agar gadai sertifikat rumah dapat dikabulkan. Syarat-syarat tersebut tidaklah sulit, karena dari pihak pegadaian sudah mempermudahnya. Apabila Anda (calon debitur) bermaksud menggadaikan rumah persiapkan KK, KTP, dan sertifikat rumah asli. Jangan khawatir karena pihak pegadaian akan menyimpan sertifikat asli rumah dengan aman hingga Anda melunasi hutang.

Hal utama yang wajib dipastikan adalah sertifikat rumah yang ingin dijaminkan sudah tertulis atas nama Anda. Pegadaian tidak akan mengabulkan gadai, jika menggunakan sertifikat rumah dinas dan milik orang lain. Permohonan pengajuan gadai pun tidak langsung dikabulkan. Pihak pegadaian akan memperkirakan nilai jual rumah yang menjadi objek gadai.

Gadai sertifikat rumah proses cepat, pihak pegadaian pertama-tama akan mengatakan nominal maksimal dana pinjaman untuk dicairkan. Anda tidak perlu mengajukan pinjaman lebih dari kebutuhan karena proses pengabulannya akan lama.

Cobalah meminjam KTA berbunga rendah yang sesuai kebutuhan. Apabila, peminjaman melebihi taksiran nilai objek gadai, kemungkinan besar tidak dikabulkan. Masyarakat sering melakukan kesalahan umum berikut ini yang menghambat pencairan dana, yakni :

  • KTP tidak berlaku dan/atau sudah kadaluwarsa.
  • Status di KTP tidak sesuai dengan kenyataan, contohnya telah bercerai tetapi KTP menunjukkan status menikah.
  • Objek gadai yakni sertifikat rumah atas nama orang lain, bukan nama pemohon.
  • Adanya perbedaan data KTP dengan data pada KK.

Biasanya pihak Pegadaian lebih menyukai pemohon yang meminjam dana kurang dari nilai taksir objek gadai. Selain itu, pemohon memiliki gaji tetap yang nominalnya sama seperti nilai pengajuan pinjaman. Anda harus memberi alasan logis dan benar terkait penggunaan dana yang diajukan tersebut. Dari alasan inilah menjadi pertimbangan dikabulkan atau ditolaknya permohonan pinjaman Anda oleh pihak Pegadaian.

Keuntungan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Keuntungan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Gadai sertifikat rumah merupakan cara paling tepat dan cepat memperoleh sejumlah uang pinjaman. Bunga yang ditawarkan juga tidak memberatkan dan Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan. Banyak masyarakat beralih ke pegadaian karena syaratnya mudah. Berikut ini berbagai keuntungan yang diperoleh dengan menggadaikan sertifikat kepemilikan rumah.

1. Pencairan Dana Cepat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gadai sertifikat rumah proses cepat, dibuktikan dari waktu pencairan dana relatif singkat. Pasalnya, Pegadaian merupakan instansi pemerintah yang menawarkan kemudahan dan peminjaman dana cepat serta aman. Anda tidak akan was-was karena dipastikan sertifikat rumah disimpan dan tidak akan berpindah tangan.

2. Jangka Waktu Lama

Keuntungan yang paling disenangi masyarakat adalah jangka waktu pembayaran relatif lama. Disinyalir, jangka waktunya sama seperti lama penitipan barang. Mulai dari 2 minggu hingga 1 tahun, uniknya masih dapat diperpanjang sesuai kesanggupan pemohon.

3. Bunga Ringan

Berbeda dari lembaga lainnya, Pegadaian menawarkan bunga atas jasa penitipan yang tergolong kecil. Penghitungan bunga inilah menjadi alasan masyarakat berbondong-bondong menjaminkan benda milikinya. Walaupun nilai bunga tergolong kecil, sebaiknya memastikan dahulu jumlah bunga yang wajib dibayar setelah memperoleh pencairan pinjaman. Tidak hanya bunga ringan saja, tingkat keakuratan memperkirakan barang juga jujur dan tidak mengada-ngada.

Cara Ajukan Gadai Sertifikat Rumah

Cara Ajukan Gadai Sertifikat Rumah

Apakah Anda ingin mengajukan permohonan gadai khusus sertifikat rumah? Simak cara-cara pengajuan berikut ini ternyata mudah dan praktis.

1. Mencari Informasi Lengkap

Anda wajib mencari informasi lengkap perihal permohonan pinjaman dana dengan menggadaikan sertifikat rumah. Informasi ini harus selengkap mungkin. Seperti cara pengajuan, besaran bunga, lama waktu pinjaman, nominal pinjaman, sampai biaya-biaya tambahan.

Cara memperoleh informasi lengkap sekarang tidaklah sulit. Terdapat dua cara, yaitu mendatangi kantor Pegadaian langsung dan bertemu dengan petugas Pegadaian. Selanjutnya, mencari informasi lengkap melalui website resmi Pegadaian dan manfaatkan layanan live chat untuk bertanya langsung. Tujuan mencari informasi lengkap agar Anda sebagai calon pemohon tidak terburu-buru mengambil keputusan. Selain itu, untuk mempersiapkan dengan matang apa saja syarat yang dibutuhkan agar proses pencairan dana pinjaman tidak terhambat.

2. Mendatangi Kantor Pegadaian

Setelah mencari informasi dari website resmi ataupun mendatangi langsung kantornya, Anda haru membawa seluruh dokumen dan syarat-syaratnya. Jangan lupa, memastikan dahulu jika sertifikat rumah yang dijadikan objek gadai asli dan milik calon Pemohon. Sebab, pihak Pegadaian sangat akurat dan teliti dalam mengecek keaslian dari sertifikat rumah. Apabila sertifikat rumah terbukti palsu, otomatis permohonan pinjaman ditolak.

3. Isi Formulir dan Menyerahkan Dokumen

Ketika sertifikat telah dicek keasliannya, maka Anda akan diminta mengisi formulir permohonan dan pengajuan sertifikat untuk penitipan. Dalam mengisi formulir tidak dapat sembarangan karena berdampak pada proses pencairan. Jangan sampai ada bagian-bagian dalam formulir yang salah isi dan terlewat.

Setelah formulir diisi, maka menyerahkan berikut dengan dokumen persyaratan yang diperlukan. Barulah petugas Pegadaian akan menaksir nilai atas sertifikat rumah dan menetapkan maksimum pinjaman dana yang dapat diberikan. Ingat, sebaiknya memilih nominal pinjaman berdasarkan kebutuhan. Tidak perlu mengajukan pinjaman melebihi nominal kebutuhan karena akan menjadi beban.

4. Menunggu Pencairan Dana

Nominal pinjaman yang diberikan pihak Pegadaian pun diberikan. Anda dapat segera memilihnya supaya dapat diproses oleh petugas. Umumnya, proses pencairan dana atas gadai sertifikat rumah memerlukan waktu 1-3 hari kerja. Sistem pencairan juga dapat dipilih, misalnya pencairan dalam bentuk uang tunai atau langsung transfer ke rekening pemohon.

Gadai sertifikat rumah memang sering diandalkan masyarakat karena prosesnya cepat dan keamanan terjamin. Semoga uraian diatas bermanfaat.