Pilihan Agen Properti Bagi Real Estate

Pilihan Agen Properti Bagi Real Estate

Pilihan Agen Properti Bagi Real Estate – Bisnis menjadi bidang pekerjaan yang sangat diminati sebagian besar masyarakat karena tidak terikat jam kerja. Contoh nyatanya bisnis properti kini semakin digandrungi berbagai kalangan. Agen properti digolongkan sebagai aktivitas bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi.

Pilihan Agen Properti Bagi Real Estate

Dapat dilihat dengan banyaknya orang berlomba-lomba menjalani pekerjaan tersebut. Bidang properti di Indonesia pun sangat berkembang di seluruh area. Adapun alasannya karena program pembangunan pemerintah semakin marak. Terutama pada industri properti sulit terhubung antara konsumen dan produsen, sehingga dibutuhkan seorang agen.

Apa Itu Agen Properti?

Apa Itu Agen Properti?

Properti identik dengan tahapan perencanaan, desain arsitektur, kontruksi, pengembangan, pengelolaan, hingga jual-beli. Agen inilah yang bertugas menjembatani pembeli dengan penjual properti. Dimana produsen menjual produk properti pertanahan, perkantoran, ritel, perumahan umum dan elit, hingga penginapan.

Produsen properti tidak dapat begitu saja menawarkan produknya kepada masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan eksekutif profesional guna memasarkan produk yakni agen. Rupanya seorang agen bidang properti ini sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. Dituliskan secara jelas agen properti merupakan seseorang yang dibekali skill khusus dalam bidang properti, serta dibuktikan dari sertifikat yang terakreditasi. Dari definisi peraturan ini dapat dipastikan profesi agen ini juga diakui oleh pemerintah.

Tips Memilih Agen Properti Terbaik

Tips Memilih Agen Properti Terbaik

Cari agen properti tidak sembarangan, apalagi terkait dengan properti real estate maupun penginapan. Terkadang seorang agen menaksir harga lebih tinggi ketika menjual properti, tujuannya agar konsumen terkesan melihat angkanya. Sayangnya banyak agen mematok harga properti berlebihan.

Bagi para pencari properti cerdas tentu memahami trik pemasaran yang digunakan agen. Sementara, bagi orang awam mudah tertipu hanya dengan melihat angka. Berikut ini tips memilih agen terbaik ketika ingin membeli properti.

1. Menyiapkan Interview

Tahapan awal ketika berkomunikasi dengan agen adalah tidak membawa pembicaraan santai saat pertemuan pertama. Anda harus menata pertemuan pertama seolah melakukan interview pekerjaan bersama si agen. Dalam hal ini agen menjadi seseorang yang mencari posisi, sementara Anda adalah pemegang keputusan final.

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa pertanyaan spesifik guna mengetahui sejarah dan pengalaman penjualan agen tersebut. Selain itu, bagaimana mereka bekerja sampai properti laku terjual. Anda tidak harus terpaku pada satu agen saja. Cobalah berbicara dengan tiga orang agen berbeda sebelum menyimpulkan jasa mana yang akan digunakan.

2. Informasi Profil Agen Properti

Hal penting lainnya adalah mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai profil online seseorang agen. Terutama bagaiman cara agen tersebut bekerja sehari-hari. Informasi profil ini didapat dengan mudah melalu sosial media mereka, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Dari sini Anda memperoleh gambaran tentang cara mereka bekerja. Pencarian informasi sebaiknya dilakukan dengan cepat sampai menemukan kantor agensi dari agen tersebut. Perhatikan pemasaran online dari agen ataupun kantor agensi, bagaimana efektifitas mereka ketika mencari calon pembeli potensial.

3. Cari Tahu Reputasi Agen Properti

Tidak hanya informasi saja yang berguna, reputasi agen real estate juga sangat penting. Cari tahu reputasi agen, lisensi dan sertifikasi, dan penghargaan apa yang sudah dicapai. Kantor agensi properti yang profesional umumnya memiliki website resmi perusahaan sendiri.

Dimana pada website tersebut juga menampilkan alamat kantor cabang resmi yang tersebar di berbagai wilayah. Website juga menampilkan beberapa agen yang berprestasi. Anda dapat menjadikan website properti untuk menemukan agen yang terpercaya.

4. Meminta Referensi Agen Properti

Penjual yang terpercaya biasanya menyertakan referensi tertulis maupun kontak dari para kliennya terdahulu. Anda dapat mencari tahu tentang agen tersebut dengan cara menghubungi kontak klien lama mereka. Tanyakan pula hal-hal penting tentang kinerja agen supaya Anda tidak salah pilih.

Contoh menanyakan apakah agen tersebut profesional ketika memasarkan produk? Berapa lama properti yang agen tawarkan berada di pasaran? Lebih pentingnya lagi tanyakan apakah klien itu akan menggunakan jasa agen di masa mendatang. Anda dapat menarik kesimpulan dari referensi ini untuk memilih agen yang benar-benar terpercaya.

5. Memiliki Keahlian Dalam Pasar Lokal

Carilah agen yang memiliki banyak pengetahuan, pasalnya setiap wilayah menyuguhkan tantangan berbeda dalam sektor real estate. Idealnya seorang agen wajib memiliki note khusus mengenai lingkungan real estate yang terbukti mempengaruhi penjualan lokal.

Lebih jelasnya sang agen tahu faktor fasilitas disekitar lokasi properti, kebijakan pemerintah, dan kondisi lingkungan. Hal-hal ini akan mempengaruhi minat pembeli dan tingkat penjualan properti. Pengetahuan mengenai pasar lokal dan para penghuni properti tersebut juga harus diketahui denga benar.

6. Jangan Tanyakan Harga Jual

Mungkin banyak dari Anda yang membeli properti dengan tujuan akan dijual kembali ketika masa mendatang. Jika benar, Anda tidak perlu fokus terhadap perkiraan harga jual properti. Sebab, terdapat beberapa faktor lain yang penting untuk diperhatikan.

Utamanya adalah kemampuan sang agen bernegosiasi supaya memperoleh deal sebaik mungkin. Tidak memperdulikan harga awal yang diberikan kepada calon pembeli. Agen tidak selalu menaati perintah dari perusahaan Anda. Mereka juga harus dapat diandalkan untuk memikirkan strategi terbaik yang mendukung proses penjualan hingga closing.

Kualifikasi Untuk Daftar

Kualifikasi Untuk Daftar Agen Properti

Semua orang ingin menjadi agen yang sukses, terutama dalam properti real estate. Harusnya agen-agen ini mengasah skill negosiasi dan pemasaran. Ada juga kualifikasi dan syarat lain perlu diperhatikan dalam daftar agen properti yang paling dicari perusahaan. Simak ulasan berikut ini.

1. Pengalaman

Agen handal paling dicari perusahaan raksasa, terutama agen yang sudah memiliki segudang pengalaman dan rekam jejak baik. Perusahaan lebih tertarik pada agen dengan pengalaman penjualan yang berhasil selama bertahun-tahun.

2. Pengetahuan

Pengetahuan dibidang properti juga sangat dibutuhkan ketika memasarkan dan melakukan negosiasi. Oleh sebab itu, pengetahuan dapat disajikan dalam skill komunikasi yang baik. Sehingga calon pembeli mengerti dan akhirnya tertarik untuk membeli produk properti yang ditawarkan.

3. Komitmen

Profesi properti sebenarnya terbuka bagi siapa saja tanpa memandang latar belakang pendidikan. Bahkan, orang pemula atau lulusan sekolah menengah dapat menjadi agen perumahan atau hunian. Jadi, jangan heran banyak agen yang bekerja freelance alias pekerja lepas. Adapun hal yang harus dipegang teguh adalah komitmen untuk memperoleh penjualan.

Komisi

Komisi

Peluang menjadi agen memang terbuka lebar dan ada dimana-mana. Apalagi pertumbuhan real estate semakin marak di Indonesia. Hendaknya mengetahui beberapa hal penting dari profesi ini seperti bonus, rewards, dan komisi.

Faktanya komisi agen khusus properti telah diatur dalam peraturan pemerintah yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. Pada pasal 10 ayat (2) menyebutkan mengenai nilai komisi yang diterima agen minimal 2% dari total transaksi.

Sedangkan, agen yang bekerja untuk perusahaan perantara memperoleh keuntungan sesuai dengan ketetapan perusahaan. Biasanya komisi dari perusahaan terkena potongan. Berbeda dengan agen independen, seluruh komisi dapat diperoleh sendiri.