Inspirasi Taman Kering untuk Rumah Minimalis

Taman Kering Jadi Solusi Berkebun yang Praktis : Okezone Lifestyle

Rumah merupakan tempat yang nyaman dan juga aman bagi banyak manusia rumah sendiri menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Selain makanan dan juga pakaian. Rumah sendiri bukan hanya tempat untuk berteduh ataupun beristirahat, setelah melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari termasuk inspirasi taman.

Adanya rumah juga menampilkan karakter dan juga selera yang dimiliki oleh para pemiliknya. Termasuk anda yang ingin menghias rumah dengan taman. Khususnya membutuhkan inspirasi taman yang bagus. Berikut ini ada beberapa inspirasi yang bisa anda contek untuk menghias rumah yang kecil.

Inspirasi Taman Dominansi Batuan Alam

Inspirasi taman pertama yang bisa anda lakukan yaitu membuat taman dengan bebatuan di rumah anda yang berukuran kecil. Apabila ingin desain taman kering minimalis. Maka anda bisa menggunakan dominansi batu alam yang diatur dan diletakkan sesuai dengan cetak, seperti jalur untuk berjalan. Anda juga bisa menggunakan warna bebatuan alam dan juga menggunakan taman kering yang tidak akan memakan banyak tempat.

Tetapi tetap saja penampilannya bisa menjadi penampilan yang indah taman kering ini sering kali menjadi pilihan rumah minimalis yang ukurannya memang tidak terlalu besar. Tidak lupa beberapa jenis tanaman hias rendah bisa dibingkai ataupun ditempel di dinding, untuk menambah kesan indah dan juga unik pada tanaman tersebut.

Walaupun rumahnya kecil namun anda tetap bisa mendapatkan tampilan yang unik dan berbeda. Dengan adanya taman ini. Selain itu tujuan taman biasanya akan menambah wawasan dan juga warna hijau yang ada di dalam rumah terlebih jika anda tinggal di area perkotaan.

Lorong Sebagai Inpirasi Taman Kering

Desain Interior Taman Dalam Rumah

Selanjutnya yang bisa anda lakukan apabila membutuhkan inspirasi taman untuk rumah kecil dan minimalis. Dengan memanfaatkan area belakang rumah ataupun di sela-sela rumah yang berbentuk seperti lorong. Taman kering dan juga ditambah dengan bebatuan ini cocok sekali untuk areal belakang yang tanggung dan tersisa di bagian rumah.

Sehingga tidak akan dibiarkan kosong atau bahkan menjadi tempat untuk membuang sampah cobalah desain taman kering minimalis yang bisa didominasi. Dengan berbagai batu berukuran sedang dan kecil kemudian pisahkan dinding rumah dengan kaca. Sehingga dapat terlihat dengan baik batu kerikil berukuran sedang juga bisa diganti oleh pasir ataupun beberapa bahan atau material lainnya.

Tanaman yang bisa digunakan janganlah terlalu lebat. Karena nantinya akan menjadi sarang atau tempat untuk hewan. Tetapi cukup semak-semak kecil yang dapat membantu rumah untuk memberikan kesan warna hijau dan juga sejuk.

Inspirasi Taman Sisa Ruang dibawah Tangga

Desain Taman dalam Rumah Minimalis

Selanjutnya inspirasi taman yang bisa anda dapatkan untuk rumah yang kecil yaitu taman kering minimalis dibawah tangga. Anda tentu sering melihat bukan bahwa ada space kosong yang sering terjadi ketika anda memiliki rumah dua lantai.

Misalnya saja lantai 1 terisi penuh, sedangkan lantai 2 digunakan untuk berbagai ruangan dan juga tempat istirahat. Nah umumnya tangga tersebut memberikan sela ataupun ruang sehingga menyebabkan terlihat kosong. Bahkan seringkali ditinggali oleh tikus, dan diisi oleh barang-barang yang tidak penting daripada digunakan untuk hal tersebut.

Ada baiknya untuk memanfaatkan untuk membuat taman minimalis. Sehingga anda bisa memanfaatkan taman kering. Mulai dari permainan cahaya dan juga adanya bunga-bunga yang tidak memerlukan air yang terlalu banyak menjadikan rumah tetap terlihat cantik dan unik. Selain itu gunakan juga dekorasi pot adanya pagar kecil yang terbuat dari bebatuan dan batu alam yang ditempelkan di seluruh taman. Sehingga ruang yang tersisa tersebut menjadi cantik dan tidak terlihat seperti ruang sisa.

Gaya Oriental

8 Variasi Taman Halaman Rumah Buat Lahan Sempit

Selanjutnya inspirasi taman lainnya yang bisa anda coba yaitu taman yang berasal dari Jepang, ataupun gaya oriental. Khusus untuk tipe ini anda harus bisa mempraktekkan ataupun mengadaptasikan nya apabila spesies atau sisa tanah di taman tersebut. Agak sedikit besar dibandingkan dengan beberapa rumah minimalis lainnya.

Taman ini biasanya tampil di belakang rumah ataupun di depan rumah caranya sangatlah mudah, anda tinggal mengombinasikan antara tanaman yang subur seperti pepohonan dan juga semak. Kemudian ditambah dengan bebatuan alam untuk tempat berpijak. Jangan lupa sisakan area untuk kayu tempat anda berjalan dan juga menikmati taman ataupun daerah.

Sehingga bisa diletakkan kursi untuk duduk ketika sore hari bersama keluarga dan juga anak-anak saat bersantai. Kelebihannya tentu saja penampilan rumah, menjadi sangatlah indah. Jika ada inspirasi taman oriental ataupun konsep jepang ini. Tetapi kelemahan dari taman ini membutuhkan perawatan yang terlalu besar dan biayanya umumnya cukup mahal.

Menggunakan Panel Kayu untuk Pot

9 Inspirasi Taman Rumah yang Minimalis dan Sederhana

Sejuk jika dirawat lahan sempit dapat dicapai dengan memanfaatkan panel kayu yang digantungkan ke sebuah dinding yang nantinya akan menjadi pagar. Sehingga tanaman hijau dapat tumbuh seperti halnya di dalam pot tetapi bahan yang terbuat dari kayu memberikan kesan natural, dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan kan an bahan lain seperti pot plastik.

Anda juga bisa memanfaatkan pot yang khusus terbuat dari batu namun cukup sulit untuk mencarinya cobalah teliti lagi, daerah yang ada di dalam rumah seperti dinding sebelah tangga ataupun area kosong lainnya. Dengan begitu anda bisa menggunakan area tersebut dan bisa menampilkan tanaman yang indah dan sejuk.

Selanjutnya inspirasi taman yang bisa anda terapkan di sebuah rumah yang berukuran kecil ataupun rumah minimalis, yaitu memanfaatkan natural kayu dan tanaman hijau. Anda tahu bahwa dengan adanya bahan kayu ternyata anda bisa menyulap sebuah ruang kosong yang ada di belakang rumah, menjadi taman yang indah dan juga sejuk.

Tanaman Bambu Sebagai Inspirasi Taman

Selanjutnya inspirasi taman yang bisa anda dapatkan jika membutuhkan desain unik dan berbeda yaitu dengan memanfaatkan bambu untuk taman mini. Umumnya beberapa rumah modern dan juga minimalis seringkali memiliki sisa terpisah di dalam rumah ataupun di halaman. Sehingga menimbulkan area kosong yang pada akhirnya tidak dimanfaatkan.

Untuk itu jika memang rumah anda masih memiliki sisa tanah atau sisa ruang anda bisa memanfaatkan tanaman bambu yang menjadi pilihan ideal. Karena berbentuk vertikal dan memanjang tidak butuh tanaman bambu yang terlalu banyak hanya untuk mengisi sisa ruang tersebut. Sehingga terlihat lebih hijau dan juga lebih sejuk.

Suasana rimbun pun akan tercipta dan anda tidak perlu mengorbankan ruangan yang ada di dalam rumah untuk membuat taman. Hal ini seringkali dilakukan, terutama bagi anda yang memang senang dengan konsep oriental atau konsep jepang yang cocok untuk rumah minimalis.

Menggunakan Tangga Masuk Rumah

Terakhir inspirasi taman yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan tangga di depan rumah ataupun di belakang rumah. Beberapa orang yang memang menggunakan konsep bentuk rumah yang cukup unik detailnya saja.

Ada tangga untuk masuk ke dalam rumah maka anda bisa mengisinya dengan tanaman hias yang sudah dimasukkan ke dalam pot. Sehingga tanaman tersebut bisa mengisi sisi-sisi tangga yang ada di depan rumah dan terlihat lebih indah dan juga hijau. Banyak sekali perumahan disekitar Argentina atau Meksiko yang memanfaatkan sistem seperti ini. Sehingga rumah mereka tetap terisi oleh berbagai tanaman yang berwarna hijau tanpa perlu mengorbankan area ataupun ruang yang kosong di rumah.