Intip Megahnya Arsitektur Rumah Klasik Yang Menawan

Arsitektur rumah-rumah modern saat ini lebih sering menerapkan konsep minimalis dan simple. Namun meskipun begitu, tak menyurutkan minat beberapa orang yang ingin membangun rumah bergaya klasik. Gaya arsitektur ini memang terlihat jadul, namun gaya desain ini seakan tak lekang oleh waktu. Banyak yang menjadikannya sebagai tolak ukur dalam nilai seni, intelektualitas, serta strata sosial dari pemiliknya. Rumah klasik sendiri merupakan gaya bangunan serta teknik mendesain yang mengadaptasi pada zaman Yunani Kuno. Seperti yang sering digunakan pada Yunani Kuno di periode Kekaisaran Romawi dan Helenistik. Namun kini banyak orang yang menggabungkan konsep rumah bergaya antik dengan konsep modern dan minimalis sehingga mengikuti trend saat ini. Jika anda ingin membangun rumah bergaya klasik, mungkin penjelasan di bawah ini akan sangat membantu.

Komponen Penting Dalam Mendesain Rumah Klasik

Ada beberapa komponen penting yang perlu anda perhatikan saat ingin membangun rumah bergaya klasik. Setidaknya komponen-komponen di bawah ini adalah ciri khas yang perlu dihadirkan untuk mewujudkan suasana elegan nan mewah di dalam rumah.

Ornamen Di Segala Sudut Ruangan Rumah Klasik

Bisa dikatakan jika arsitektur rumah klasik memposisikan ornament menjadi sebuah keharusan di dalamnya. Seakan kehadiran ornament-ornamen ini memberikan “nyawa” dalam setiap sudut ruangan. Keindahan ornament memberikan tingkatan tersendiri untuk keindahan rumah bergaya antik ini. anda bisa menempatkan berbagai ornament yang berdetail pada ruang tamu, ruang keluarga, maupun eksterior rumah untuk membuat gaya klasik semakin kental

Ornament yang dihadirkan tak harus berbentuk patung. Ada banyak karya seni yang dapat anda manfaatkan untuk melengkapi keindahan dalam rumah bergaya klasik ini. semisal lampu dinding, chandelier, hiasan dinding berdetail, hingga tempat lilin dapat menajdi ornament yang meperkuat kesan klasik.

Balok dan Kolom Sebagai Elemen Utama

Saat membangun rumah klasik sederhana, anda tak harus memperlihatkan gaya arsitektur yang bernilai kekal. Nilai kelanggengan dan kekekalan dalam gaya ini dapat ditampilkan dengan mengekspos kekokohan balok dan kolom. Jadi tak heran jika kebanyakan hunian bergaya kuno akan dipenuhi dengan komponen balok dan kolom yang menghiasnya.

Detail di Setiap Elemen

Salah satu yang menguatkan gaya arsitektur klasik dalam sebuah rumah adalah kehadiran detail-detail dalam setiap sudut ruangan. Detail garis vertikal dan horizontal akan terlihat sangat kelas dalam setiap elemen ruangan, mulai dari dinding, lantai, pintu, langit-langit, hingga seluruh furniture yang ada di dalamnya.

Material Alami

Penggunaan material-material alami seperti kayu berukuran besar dan batu alam juga mempunyai peranan yang cukup besar dalam memperkuat gaya rumah. Karakter unik dan kuat yang dimiliki oleh material alami tersebut akan memberikan kesan kokoh, megah, langgeng dan tradisional.

Pintu Masuk Yang Megah

Pintu masuk dapat diibaratkan menajdi wajah utama yang menjadi jalan untuk menuju setiap ruangan di rumah. dan karena itulah bagian pintu rumah haruslah mencerminkan sesuai dengan gaya arsitektur yang akan anda terapkan. Seperti misalnya anda yang ingin menerapkan gaya klasik. Maka pintu rumah anda pun juga harus didesain dengan tema tersebut. Anda bisa mendominasi ornament lingkaran untuk ditempatkan pada pintu masuk dan dihadapkan pada furniture yang ada di dalam rumah. Sehingga ini akan memberikan kesan gaya yangelegan pada arsitektur rumah anda.

Bentuk-Bentuk Melengkung

Tak hanya kolom dan balok saja yang menjadi komponen penting. Bentuk- bentuk melengkung juga menjadi sslah satu hal yang juga penting dalam aristektur rumah bergaya kuno seperti ini. Seperti misalnya pada model kamar tidur, anda bisa menempatkan ranjang bergaya klasik dengan didukung nakas ornament lingkaran. Ditambah pula dengan lampu meja serta kursi yang berbentuk melengkung semakin memperkuat kesan dan interior dalam kamar tidur.

Anda juga bisa menempatkan bath tub oval yang berlatar belakang balustrade balkon melengkung. Serta didominasi dengan warna putih dan emas yang semakin menguatkan kesan gaya mewah dalam rumah anda.

Tips Dekorasi Rumah Klasik

Setelah mengetahui komponen detail apa saja yang perlu ada dalam arsitektur rumah klasik sederhana. Maka kini yang perlu anda lakukan adalah mulai mendekorasi interior rumah anda untuk menguatkan kesan yang di dalamnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba.

Perhatikan Secara Detail

Rumah yang memiliki desain interior bergaya seperti ini sangat identik dengan detail, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hal ini lah yang mengemas tampilan huniannya menjadi sebuah hal yang mahal dan tidak sembarang. Namun bukan berarti anda harus mengeluarkan banyak biaya, anda bisa membuatnya secara sederhana. Caranya adalah membuat detail yang tidak begitu rumit. Seperti lis tumpuk yang memiliki motif lurus pada plafon atau lemari. Jika ingin memunculkan kesan agak modern dalam rumah anda, maka kurangi kehadiran furniture di dalam ruangan tersebut.

Warna Dan Perabotan

Gaya klasik mempunyai ciri khas dengan peletakan perabotan berbahan kayu solid, yang mana bisa dihadirkan dalam kursi, meja, hingga lemari. Hal ini akan memberikan kesan yang mewah dalam rumah anda. Gunakan warna-warna natural seperti warna tanah dan coklat. Bisa juga dengan menggunakan variasi warna hitam untuk semakin menegaskan objek tersebut. namun perlu anda ingat pula jika penggunaan warna-warna terang lainnya seperti hijau, merah, ataupun kuning juga dapat dimanfaatkan. Hanya saja warna-warna yang bisa diaplikasikan tidaklah seterang pada warna-warna rumah minimalis modern. Pewarnaan lebih ditekankan pada sisi kelembutan yang tampak elegan.

Dekorasi Karya Seni

Anda bisa mendekorasi interior ruangan menggunakan karya seni. Gaya arsitektur ini sangatlah menekankan personalitas penghuninya. Karya seni ini bisa anda sesuaikan dengan karakter dan keinginan dalam diri anda. Untuk itulah dibutuhkan kreativitas dan imajinasi dalam mendekorasi rumah anda. jadi ekspresikan selera desain yang anda inginkan sehingga tempat tinggal anda bisa tampak sesuai dengan karakter anda.

Tempatkan Cermin

Agar rumah klasik modern memiliki kesan yang lebih kuat, anda bisa menempatkan cermin agar suasana klasiknya lebih terasa. anda bisa juga menempatkan kaca transparan dengan kombinasi stainless steel sebagai aksesoris dalam ruangan. Berikan variasi warna yang lebih berat untuk ruangan public dan warna ringan untuk area yang lebih pribadi.

Penggunaan Aksesoris Rumah Klasik

Gunakan beberapa aksesoris untuk semakin menguatkan dekorasi interior. Ada beberapa ruangan di dalam rumah design rumah klasik yang perlu mempunyai detail unik. Hal ini berguna agar dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih berkelas dan hidup. Aksesoris tersebut dapat berupa lampu gantung yang berkilauan, chandelier, lukisan berbingkai, vas bunga yang menjulang tinggi, serta masih banyak lainnya. hal ini akan memberikan kesan yang cantik dalam ruangan anda.

Bagi anda yang ingin membuat rumah dengan gaya yang elegan dan menawan., tips diatas bisa anda coba. Dalam membangun rumah bergaya klasik, pastikan setiap elemen yang membentuk ruangan dan bangunan memiliki seni tinggi serta sarat akan detail. Namun anda juga perlu memperhatikan keseimbangan dari setiap elemen agar jangan sampai berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *