Inspirasi Desain Ruang Keluarga Yang Hangat Dan Nyaman

0 Comments

Kehadiran desain ruang keluarga tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah rumah. dimana ruangan ini yang menjadi tempat terjadinya banyak interaksi bersama dengan anggota yang menghuni rumah. untuk itu lah menciptakan suasana yang nyaman saat berkumpul bersama di rumah sangatlah penting. Karena itu konsepnya tidak bisa disepelekan begitu saja. Tak hanya dari segi estetik saja, namun kenyamanan area berkumpul ini juga sangat penting. Apalagi ruangan ini sangat sering digunakan dalam berbagai kegiatan. Ruangan berkumpul yang hangat dan nyaman, tentu saja akan membuat suasana semakin tambah akrab dan berkesan.

Tips Desain Ruang Keluarga Yang Nyaman Untuk Berkumpul Bersama

Menentukan Tema Ruangan

Hal pertama yang anda perlu lakukan saat ingin mendesain ruangan keluarga yang hangat dan nyaman adalah dengan menentukan tema. Pikirkan kembali, suasana dan tema apa yang akan anda ciptakan dalam ruangan anda tersebut? Sesuaikan dengan kebutuhan, fungsi, dan tentunya dengan budget yang anda miliki. Jika anda menginginkan ruangan berkumpul yang simple dan nyaman, mungkin anda bisa memilih tema minimalis atau etnik. Ataupun jika ruangan tersebut juga berfungsi sebagai ruang bermain, maka pilihan tema yang cerah dan playful akan sangat disarankan.

Pilihlah Warna –Warna Yang Terang

Warna yang terang memiliki karakter yang dapat mengesankan suasana yang damai dan nyaman. Karena itulah sebisa mungkin mengaplikasikan warna-warna yang terang dan lembut untuk desain ruang keluarga sederhana anda. ini akan memudahhkan anda membuat kesan yang nyaman, hangat dan menyenangkan dalam ruangan tersebut. selain itu mengaplikasikan warna terang atau lembut juga akan memudahkan anda saat ingin mendekorasi ruangan. Mengingat warna-warna tersebut akan mudah menyatu pada gaya maupun dekorasi yang ingin diterapkan.

Letakkan Sofa Yang Empuk Dan Nyaman

Ruang keluarga yang nyaman tentunya tak akan lengkap tanpa kehadiran sofa atau tempat duduk di dalamnya. Bahkan lebih baik lagi saat anda menenempatkan sofa yang sempuk sehingga nyaman saat duduk berlama-lama sekalipun. Selain sofa biasa, anda juga bisa menempatkan bean bag lucu, sehingga anak pun juga betah beraktivitas didalamnya. Selain itu pengaplikasian beag bag pun juga dapat mempertegas kesan ruangan keluarga yang nyaman yang ingin pemilik tonjolkan.

Gunakan Karpet Yang Lembut

Ada kalanya mungkin akan terasa menyenangkan saat duduk-duduk santai lantai. Karena itulah anda bisa melapisi lantai ruangan dengan karpet yang lembut untuk membentuk suasana yang nyaman. Jadi para penghuni rumah tak hanya bisa duduk santai di sofa saja. Namun juga dapat berselonjoran di karpet ataupun ingin tiduran santai. Jenis karpet yang tebal dan berbulu akan sangat cocok untuk memberikan kesan yang hangat.

Perhatikan Sirkulasi Cahaya Dan Udara

Jangan sampai mengabaikan sirkulasi udara dan cahaya ke dalam ruangan berkumpul anda bersama anggota keluarga. sehingga ruangan tetap sehat dan terhindar dari resiko lembab. Anda bisa melengkapinya dengan jendela dan bukaan sehingga cahaya dan udara bisa leluasa masuk ke dalam ruangan. Bahkan jika memungkinkan, tak ada salahnya untuk membuat desain ruang keluarga terbuka. Anda bisa menghadapkan posisi ruangan tersebut pada taman atau halaman belakang. Sehingga udara yang dihirup pun juga jauh lebih segar dan tentu saja membantu pencahayaan dalam ruangan. Dan untuk malam hari, anda bisa menggunakan pencahayaan buatan agar suasananya tetap terang merata seperti menggunakan lampu downlight.

6. Penuhi Kebutuhan Lainnya

Tak jarang ruangan keluarga bukan hanya menjadi tempat berkumpulnya keluarga saja. namun juga digunakan untuk tempat bersantai, menonton televisi, memabca buku, dan aktivitas lainnya. jadi taka da salahnya jika anda memenuhi kebutuhan lainnya tersebut dalam bagian rumah tersebut. Tentunya ini akan lebih membuat penghuni rumah lainnya betah berada dan beraktivitas di ruangan keluarga.

Ide Ruang Keluarga Yang Simple Dan Hangat

Ruangan Keluarga Yang Luas Dan Lapang

Jika anda memiliki lahan yang cukup luas dalam rumah, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai ruangan keluarga. Apalagi jika jumlah anggota keluarga yang ada di dalam rumah cukup banyak, akan lebih baik untuk menggunakan desain seperti ini. karena cukup kulas, anda juga dapat menggabungkannya dengan dapur dan ruang makan bersama. memasak serta makan bersama dengan anggota keluarga lainnya bisa membuat hubungan keluarga jadi lebih erat. Anda dapat membuat ruang keluarga dan ruang makan saling bersisihan. Sedangkan untuk dapur, manfaatkan bagian tepi ruangan untuk meletakkan kitchen set.

Area Keluarga Konsep Lesehan Yang Santai

Mungkin ide yang satu ini akan sangat cocok bagi anda yang memiliki rumah minimalis. Desain ruang keluarga minimalis ini memang mengesankan suasana yang santai. Dapat anda jadikan pilihan jika lahan ruangan terbatas. Bahkan anda tak membutuhkan sofa di dalamnya. Seperti yang adna ketahui, penempatan sofa tentunya akan memakan banyak tempat dalam ruangan minimalis anda. Ganti dengan karpet berbulu yang nyaman dan lembut untuk tempat duduk. Tak hanya itu saja, anda bisa melengkapinya dengan bean bag untuk membuatnya terlihat lebih menarik.

Ruang Keluarga Terbuka

Ingin menciptakan suasana yang rileks dalam ruangan keluarga, mungkin desain yang satu ini bisa anda coba. Desain ruang keluarga terbuka ini cocok jika anda menyukai suasana yang seakan menyatu dengan alam. Nuansanya tentu saja akan terasa hijau dan sejuk. Untuk mendesain konsep ruang keluarga seperti ini anda perlu memilih ruang yang berdekatan dengan taman ataupun kolam renang. Biarkan salah satu sisi ruangan tersebut terbuka dan menghadap ke area taman atau kolam. Sambil bercengkrama bersama anggota keluarga lainnya, anda bisa menikmati keindahan pemandangan yang disajukan. Tambahkan sofa tidur dalam ruangan keluarga terbuka ini agar suasanya semakin santai.

Ruang Keluarga Modern

Konsep ruang keluarga seperti ini memang sangat cocok diaplikasikan untuk mengikuti trend modern seperti saat ini. untuk menguatkan kesan modern, lengkapi dengan furniture atau perabotan yang berwarna netral. Pemilihan lantai ruang keluarga pun juga penting untuk diperhatikan. Seperti memilih lantai berbahan dasar katu ataupun bermotif kayu. ini akan membawa dampak yang cukup signifikan dalam ruangan. Kesan hangat akan sangat terasa dalam ruangan keluarga tersebut. untuk menghemat tempat, gunakan jenis TV LED yang bisa ditempatkan pada dinding. Sedangkan sebagai dekorasi, gunakan saja pot tanaman hias pada bagian sudut ruangan. Desain ruang keluarga sederhana ini pastinya akan membuat siapapun betah berlama-lama di dalamnya.

Masih banyak ide-ide desain dan model ruangan keluarga lainnya yang bisa anda terapkan dalam rumah anda. tergantung bagimana kreativitas dan kebutuhan yang anda miliki. Baik besar maupun mungil, buatlah ruangan keluaga yang hangat dan nyaman. Dengan begitu interaksi antar anggota keluarga satu sama lainnya bisa berlangsung lebih baik. bahkan tak ada salahnya jika anda meminta bantu ahlinya dalam mendesain ruangan keluarga seperti yang anda impikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *