Desain Rumah Unik Yang Ada Di Dunia, Bisa Jadi Inspirasi!

0 Comments

Rumah menjadi tempat singgah yang paling nyaman untuk ditempati. Tak hanya menjadi tempat beristirahat, namun rumah juga menjadi tempat menjalankan berbagai aktivitas. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kini rumah tak hanya berfungsi menjadi tempat berlindung dan beristirahat saja. Lebih dari itu, rumah juga kini menjadi identitas untuk pemiliknya. Jadi tak heran jika kini banyak bermunculan desain-desain rumah yang berbeda yang disesuaikan dengan selera pemiliknya. Bahkan ta jarang pula banyak desain rumah unik dan tidak biasa.

Selain memiliki nilai seni, desain rumah yang unik ini pun juga dapat anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Bahkan bukan tidak mungkin jika nantinya rumah yang unik ini bisa dijadikan investasi jangka panjang. Jika anda ingin mencoba hal-hal baru dalam mendesain rumah yang mainstream. Mungkin desain-desain rumah unik yang ada di dunia ini bisa anda jadikan inspirasi.

Rumah Unik Terbalik

Desain rumah unik yang memiliki desain terbalik hingga 1800 ini memang cukup trend belakangan tahun ini. Bahkan tak hanya ada di luar negeri saja, model rumah seperti ini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Seperti rumah yang satu ini yang dibangun oleh Daniel Czapiewski, Seorang arsitek dari Polandia. Yang mana pembangunan rumah yang unik ini ditujukan sebagai bentuk ungkapan kepada berakhirnya era komunis yang terjadi di Polandia. Pembangunan rumah ini pun menggambarkan adanya ketidakstabilan kehidupan sosial pada saat masa-masa komunis berlangsung. Namun dibalik itu semua, rumah ini memang cukup atraktif dan menarik pandangan mata

Proses pembangunannya pun berlangsung pada jangka waktu yang cukup lama, bahkan hingga 4 kali lipat dibandingkan rumah-rumah biasanya. Uniknya, hal ini dikarenakan pekerja yang bertugas membangun rumah ini merasa pusing serta disorientasi arah ektika melakukan tugas kontruksinya. Anda bisa membuat model rumah seperti ini, namun tentunya bukan sebagai tempat tinggal. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat wisata maupun restoran. Cukup menarik bukan?

Rumah Batu

Rumah yang satu ini memang terbilang unik karena menggunakan batu sebagai material utamanya. Inspirasi rumah yang satu ini berasal dari serial animas populer yaitu “The Flinstone”. Dikenal pula dengan nama Casa do Penedo, rumah ini berada di antara Celorico de Basto serta Fafe, Utara Portugal. DIbangun pada sekitaran tahun 1972 dan selesai di tahun 1974. Bentuk rumah ini sekilas seperti diapit batu yang membuatnya tampak primitive. Namun anda akan terkejut ketika melihat tampilan yang ada di dalamnya. Bagaiman tidak rumah ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup modern. Mulai dari kolam renang, perapian, dan bahkan pintu dan jendela rumah menggunakan bahan anti peluru. Berkat keunikannya, kini rumah Batu ini berubah menjadi museum dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Portugal.

Rumah Unik Transparan

Rumah unik lainnya yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi adalah rumah dari Negara Jepang ini. Hunian yang tembus pandang ini berada di kota Tokyo, jepang. Didesain arsitektur Jepang ternama bernama Sou Fujimoto, rumah ini memang benar-benar terlihat bagian dalamnya dari luar rumah. Keseluruhan luasnya mencapai 85 meter2, tujuan pembuatan tembus pandang seperti ini untuk memudahkan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Karena itulah keseluruhan rumah transparan dan semuanya menggunakan material kaca tembus pandang. Meskipun begitu, rumah ini memiliki kerangka yang sangat kokoh. Rangka-rangka nya menggunakan bahan dari logam yang cukup kuat. Dan untuk menjaga privasi, ada beberapa bagian ruangan yang bisa dipasangkan gorden atau tirai.

Mirror House

Rumah unik minimalis dari Italia ini terlihat seperti rumah yang dipenuhi dengan kaca. Akan tetapi bukan sembarang kaca yang digunakan. Rumah ini menggunakan cermin cantik yang seakan membuatnya tampak menyatu dengan alam yang ada di sekitarnya. Karena keunikan inilah, rumah ini menajdi salah satu rumah wisata di dunia yang memiliki antrian sewa cukup panjang. And bisa menggunakan inspirasi desain rumah ini sebagai rumah liburan anda bersama teman atau keluarga. Apalagi jika ditempatkan di area yang hijau, tentunya rumah ini akan memadu dengan sempurna.

Bio-Climatic Solar House

Nama lainnya yaitu Heliodome, merupakan rumah unik lainnya yang dibangun di kawasan Cosswiller, desa Alsacian dekat dengan Strasbourg, Perancis Timur. Dibangun pada tanggal 4 Agustus 2011, rumah ini memiliki desain jam matahari 3 dimensi raksasa. Yang mana ditetapkan pada sudut tetap yang berkaitan dengan pergerakan matahari. Tujuannya adalah agar menjaga keteduhan selama berbulan-bulan ketika musim panas tiba dan tetap menjaga suhu dingin di dalam rumah. Selain itu, desain rumah ini tetap membuat sinar matahari dapat masuk melalui jendela pada musim dingin, semi, dan gugur. Sehingga pemanasan dalam ruangan pun tetap hidup.

Rumah Sepatu

Rumah berbentuk menyerupai sepatu boot ini bisa anda temukan di Amerika Serikat, tepatnya di Hallem, Pennsylvania. Rumah yang didirikan Colonel Mahlon Nathaniel Haines ini dibangun pada tahun 1948 berkat sepatu boat tua milikinya yang menjadi inspirasi. Sejak awal pembuatannya, rumah ini memang diperuntukkan sebagai guest house yang berisikan 3 kamar tidur dan dilengkapi kasur berkualitas, 2 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Selain itu, furniture-furniture yang ada di dalamnya juga llengkap dengan tema yang serupa. Seperti kotak pos dan kandang anjing yang bentuknya menyerupai sepatu. Sangat unik bukan?

Untuk desain jendela, diberi pula ornament-onrnamen sepatu yang unik bahkan hingga ke bagian pagar pun berbentuk sepatu. Mungkin bagi anda penggemar atau senang mengkoleksi sepatu, inspirasi rumah ini bisa anda gunakan untuk membuat rumah yang berbeda.

Rumah Unik berbentuk dome

Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki rumah unik minimalis yang bisa anda temukan di Desa Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta. Rumah yang satu ini bentuknya mirip seperti Iglo, rumah adat suku Eskimo. Pembangunannya berbentuk dome dan dibangun langsung oleh Domes for The World, NGO yang berasal dari Amerika Serikat. Rumah ini ditujukan sebagai bentuk bantuan terhadap bencana gempa yang sebelumnya melanda Yogyakarta. Selain bentuknya yang memang unik, ketahanan dan kekuatan bangunna rumah ini pun juga didesain tahan gempa.

Cubic house

Rumah unik sederhana ini memiliki bentuk kubus dengan kemiringan 55 derajat. Anda bisa menemukannya di daerah Rotterdam, Belanda. Ukuran rumah memang kecil, namun ada ruang-ruang lengkap di dalamnya. Mulai dari dapur, ruang keluarga, kamar tidur, dan masih banyak lainnya. pembangunannya didirikan pada tahun 1974 yang dibuat langsung oleh Arsitek Piet Blom. Inspirasi rumah ini berasal dari mimpinya yang ingin mengubah sebuah pusat kota menjadi perumahan. Sehingga pembuatan perumahan ini pun bentuknya menyerupai rumah yang ada diatas pohon

Sebenarnya masih banyak desain-desain rumah yang unik lainnya yang dapat anda jadikan inspirasi. Bahkan anda bisa membuat desain rumah menarik sesuai kreaitivitas anda, misalnya membangun rumah kayu unik dan masih banyak lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *