Rumah Minimalis yang Kini Menjadi Tren

0 Comments

Rumah minimalis pada saat ini merupakan salaah satu alteratif dalam memilih hunian bagai bnyak orang. Hunian yang dimiliki tidak harus berukuran besar ataupun dengan biaya yang mahal. Namun jika yang berbentuk minimalis saja tetap bisa terlihat mewah dan elegan tanpa mengurangi rasa kenyamanannya, Mengapa tidak?

Tempat tinggal dengan ukuran kecil biasanya dianggap dengan hunian yang cenderung membosankan, kecil, dan sempit. Bentuknya yang monoton dan penuh dengan peralatan akan mengurangi rasa nyaman dari hunian itu sendiri. Namun tidak perlu khawatir, hunian minimalis ini bisa tetap terlihat cantik dengan desain interior dan eksterior yang ditata dengan apik.

Mengapa desain rumah sangat diperlukan? Sebab dengan desain yang diatur dengan baik akan menghasilkan hunian yang indah dan nyaman untuk dihuni. Hunian ibarat surga yang ada didunia bagi setiap individu yang memilikinya. Sebuah surga didunia hadir dalam sebuah rumah yang memberikan ketenangan, ketentraman, dan kebahagiaan bagi setiap individu.

rumah minimalis

Maka dari itu, ada baiknya kita semua untuk memperhatikan desain rumah kita agar menciptakan hunian yang nyaman bagi pemiliknya. Banyak orang yang saat ini beranggapam bahwa gaya minimalis adalah gaya atau tren pada masa kini. Padahal gaya minimalis ini hanya dapat diaplikasikan dengan gaya hidup pada sebuah desain minimalis hunian itu sendiri.

Misalnya saja gaya minimalis yang terdapat pada setiap ruangan. Seperti salah satunya tidak perlu menaruh banyak furniture pada ruangan keluarga. Gunakanlah furniture yang dinggap perlu untuk diletakkan pada sebuah ruangan.

Dalam dunia desain, pengertian rumah minimalis, yakni pembangunan dengan metode perancangan yang sesuai fungsionalitas dengan elemen dasar dan esensial. Dan pembangunannya selalu mengedepankan nilai estetikanya. Tidak hanya itu, konsep yang minimalis sangat memperhatikan pada penggunaan material agar tidak terlalu berlebihan atau boros.

Rumah Minimalis Memiliki Banyak Keuntungan

rumah minimalis

Dalam perkembangannya, ternyata terdapat rumah dengan ukuran kecil modern yang berarti rumah yang didesain unik, rapi, tanpa banyak ornamen, dan menarik. Hunian minimalis modern ini tidak memerlukan biaya yang mahal dan bangunan yang luas. Tanpa harus meninggalkan nilai keindahan dan fungsinya.

Desain rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang kini tengah menjadi tren banyak orang. Bukan sekadar untuk tiru-tiru, namun tren minimalis dijadikan sebuah cara pandang seseorang dalam menanggapi adanya desain. Hal ini dilihat dari gaya hidup masyarakat yang serba praktis, sederhana, efektif, dan sangat efisien.

Desain rumah dengan ukuran mini  kini hadir dengan model yang jelas seperti bentuk ruang sederhana namun kokoh dengan sedikit ornamen dan perabotan. Desain minimalis ini dibangun dengan sekat yang dibuat minim dan suasana yang hening dan indah. Tetapi bukan berarti menjadi hunian yang membosankan dan monoton.

Keuntungan Rumah Minimalis yang Nyaman

rumah minimalisDesain hunian kecil namun nyamn ini bertujuan untuk membuat perabotan mudah diatur dan tidak memerlukan barang yang terlalu banyak. Desain ini juga akan membuat kesan bersih dan rapi tanpa harus ribet. Selain itu Anda juga akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang lain dari desain minimalis ini, keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, harga lebih ekonomis. Biaya untuk merancang, membangun, dan merawat bangunan ini lebih rendah dibandingkan dengan rumah besar dan luas. Tempat tinggal dengan desain kecil ini akan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah biasa, harganya pun tergantung dari strategis tidaknya lokasi.

Kedua, efisien. Dengan ukuran yang sederhana, ruangan yang ada di dalam rumah akan mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Selain itu Anda juga akan mendapatkan suasana yang ramah lingkungan dan tentunya hemat terhadap tagihan listrik.

Ketiga, menghemat waktu mengurus rumah. Hunian minimalis ini sangat cocok untuk Anda orang yang sibuk dan jarang mempunyai waktu untuk mengurusnya karena kesibukan yang Anda. Maka dari itu dengan ruangan yang minimalis ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Keempat, mengasah kreatifitas mendekorasi. Dengan desain yang kecil ini akan menantang Anda untuk lebih kreatif dalam menciptakan desain rumah yang indah dan nyaman. Dengan menata ruangan-ruangan yang ada, memberi akses hiasan pada ruangan dan meletakkan perabotan sehingga mengahasilkan suasana yang nyaman dan harmonis.

Desain Rumah Minimalis Modern

Pada model bangunan arsitektur modern ini desain dibuat fokus terhadap konsep bentuk, ruang, fungsi, dan konstruksi. Konsep bentuk digunakan pada penggunaan konstruksi bahan-bahan bangunan yang dianggap ringan. Konsep ruang harus bersifat efisien dan fleksibel.

Kombinasi dari konsep-konsep itulah yang akan mewujudkan fungsi dari rumah modern. Fungsi dari hunian minimalis modern ini adalah sebagai tempat tinggal yang nyaman, mudah dirawat, dan mudah dibersihkan. Selain itu juga tentunya cenderung ekonomis dan tetap indah.

ini lebih mengutamakan penggunaan bahan bangunan secacra maksimal dengan membatasi pemakaian dari ornamen yang berlebih. Konsep ruang atau bentuk ruang yang efisien dan fleksibel adalah kotak atau berbentuk persegi panjang yang mengahasilkan bentuk bangunan kubisme. Setelahnya, gaya minimalis akan terbentuk dengan sendirinya dari kesederhanaan tersebut.

Luas dan sederhananya hunian yang Anda miliki akan membuat gaya rumah minimalis modern semakin mudah untuk diterapkan. Gaya ini tidak memerlukan dekorasi yang berlebihan di dalam maupun di luar rumah. Variasikan gaya atap dan jendela dan usahakan gunakan warna cat dinding berwarna putih, krem, atau ivory.

Perencanaan Pembuatan Rumah Berkonsep Minimalis

Dengan perencanaan desain yang baik akan menghasilkan model rumah minimalis terbaru yang bergaya siap untuk Anda miliki. Sebelum membuatnya, Anda harus memperhatikan beberapa desain yang dapat menghasilkan gaya yang modern. Seperti desain interior maupun eksterior.

rumah minimalisMisalnya desain rumah minimalis modern dengan menggunakan kanopi yang minimalis. Ketika Anda belum merasa puas dengan rancangan desain hunian yang Anda miliki. Anda dapat mencoba menambahkan kanopi pada atap depan hunian Anda. Kanopi ini dapat berfungsi sebagai atap sekaligus sebagai dekorasi tambahan.

Selanjutnya desain rumah minimalis modern dengan warna yang cerah klasik, gaya desain ini dapat dikombinasikan dengan gaya warna yang klasik. Gunakan warna seperti hitam atau putih untuk menghasilkan warna yang klasik dengan gaya yang tetap modern. Atau gunakan warna yang konsisten seperti abu-abu muda, abu-abu tua, dan putih warna ini akan memberikan tampilan yang tidak berlebihan.

Berikutnya desain rumah minimalis modern dengan menggunakan pelapis dinding yang terbuat dari keramik. Daripada Anda bosan hanya dengan menggunakan cat sebagai pelapis dinding, Anda dapat memasang keramik pada beberapa bagian luar atau eksterior. Hal ini akan menambahkan kesan keindahan dan kecantikan hunian Anda lho!

Selain itu juga Anda bisa menata halaman depan hunian Anda agar terlihat lebih menawan dan indah. Dengan cara membuat taman sederhana pada halaman yang Anda miliki, ini akan membuat eksterior hunian terlihat cantik dan sejuk. Dalam pertumbuhannya, beberapa desain ini memiliki tujuan untuk menciptakan tren dan inovasi yang memberikan kesan unik bagi rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *