Beli Tanah: Investasi Aset Jangka Panjang Anti Rugi

0 Comments

Beli Tanah dan Prospek Jangka Panjang Investasinya

Beli tanah tanah merupakan hal yang sangat menguntungkan apalagi harga jual tanah selalu meningkat sehingga memungkinkannya menjadi aset.  Berikut ini ulasan mengenai beli tanah kavling di perumahan,  atau hal lain yang menyangkut apa saja yang harus kita perhatikan. Jangan sampai kurang teliti membeli akan membuat rugi.

Sebuah kerugian bisa menimpa siapa saja yang tak teliti dalam beli tanah kavling khususnya. Tidak tanggung-tanggung, kerugian hingga ratusan juga rupiah bisa dialami oleh seseorang. Pasalnya, selama ini banyak kasus yang melibatkan para penjual dan pembeli tanah.

Masalahnya pun beragam mulai dari tanah yang masih dalam status sengketa hingga surat-surat tanah yang tidak asli. Dalam hal ini kebanyakan para pembelilah yang sering dirugikan. Untuk itu, perlu adanya ketelitian dalam jual beli tanah.

Ada beberapa cara yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap orang yang hendak membeli agar tidak tertipu dan rugi di kemudian hari. Seorang pembeli harus mengetahui dengan pasti beberapa penyebab prosedur ini menjadi tidak sah. Pengetahuan tentang tidak sahnya  jual beli sebenarnya bisa didapat dari pengalaman banyak orang bahkan di internet.

Kita dapat mengetahui setiap penyebab tidak sahnya beli tanah. Salah satunya ialah tanah yang akan dibeli merupakan tanah sengketa. Tanah sengketa merupakan tanah yang masih dalam tahap sengketa pihak-pihak tertentu.

Dalam beberapa kasus, tanah sengketa ini bisa melibatkan pemilih sah tanah, ahli waris serta pihak-pihak lainnya yang merasa berhak atas tanah tersebut. Berhati-hatilah pada transaksi apabila ternyata yang Anda beli termasuk tanah sengketa. Karena bukan tidak mungkin proses jual beli tersebut akan membutuhkan waktu panjang bahkan berujung di pengadilan.

Agar terhindar dari jual tanah sengketa, sebaiknya sebelum membeli tanah pastikan dahulu meluangkan waktu Anda untuk melihat secara langsung tanah yang dijual. Periksalah secara seksama kondisi tanah yang dijual sama persis dengan apa yang ditawarkan penjual kepada Anda.

Tak hanya itu, dalam tahap ini sebagai pembeli, Anda berhak mengecek langsung luas tanah yang ditawarkan. Sesuaikan luas tanah sesuai dengan sertifikat tanah. Hal ini dilakukan agar tanah yang Anda beli benar-benar tanah yang bersih alias bukan tanah sengketa.

Perhatikan Ukuran Tanah Ketika Membelinya

beli tanahApabila membeli di daerah yang akan menjadi perumahan elit atau daerah dengan penduduk ekonomi tinggi sebaiknya membeli tanah agak luas. Hal lainya adalah harganya akan sangat melejit di masa depan, masyarakat dengan taraf ekonomi tinggi rata-rata ingin memiliki rumah besar.

Akan berbeda ceritanya apabila beli tanah murah di daerah perkampungan. Untuk sebuah tanah dengan ukuran sedang bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan memperhatikan pada harga yang bisa jadi lebih murah, anda juga bisa membeli area yang agak luas.

Pertimbangannya adalah bahwa harga tanah akan terus naik. Kedua yaitu tentang ukuran tanah setengah matang. Yang dimaksud dengan tanah setengah matang adalah daerah berprospek yang terletak di luar daerah pemukiman sehingga sangat jarang berdiri bangunan. Masa depan untuk tanah setengah matang ini bisa dilihat dari ada tidaknya rencana pembangunan di daerah tersebut.

Pembangunan ini meliputi jalan protokol, fasilitas umum seperti pasar, minimarket, bank, dan lainnya. Akan lebih menguntungkan lagi kalau beli tanah setengah matang tersebut dilalui oleh kendaraan umum. Tanah setengah matang ini dapat berupa sawah, tegalan, kebun, dan sebagainya.

Harga jual di tanah setengah matang pun akan meningkat lebih besar daripada tanah yang berada di area pemukiman. Selain hal tersebut, akan lebih baik apabila tanah yang diperuntukkan bagi perdagangan atau permukiman, jangan di area jalur hijau. Tanah tersebut nantinya akan menjadi kawasan perdagangan atau pemukiman pasti akan meningkat berkali-kali lipat harga jualnya.

Arah Hadap Tanah Juga Berhubungan dengan Pembelian

beli tanah

Pada umumnya, tanah yang biasa diminati untuk dibeli adalah pada umumnya untuk tanah yang menghadap ke arah utara atau selatan. Hal tersebut dikarenakan tanah yang menghadap ke arah utara atau selatan akan terkena sinar matahari secara merata sepanjang tahun.

Hal tersebut dapat menjadikan sebuah pertimbangan apalagi bagi mereka yang percaya pada feng shui. Untuk berikutnya merupakan tanah yang menghadap ke arah timur. Beli tanah kavling murah misalnya  yang menghadap ke arah timur mendapatkan penyinaran matahari pagi yang menghangatkan dan baik bagi kesehatan.

Selain itu, arah hadap kea rah kota juga berpengaruh, karena semakin dekat area dari pusat kota, makin mahal serta harganya. Di pusat kota, hampir seluruh keperluan tersedia, mulai dari bisnis hingga pusat hiburan. Sedangkan jika semakin ke luar dari pusat kota, maka harganya pun akan menyusut.

Apabila ditinjau ulang dari sudut usaha dan investasi, tanah yang jauh dari pusat kota pun tak kalah prospektifnya. Hanyalah waktu yang bisa menjawab untuk masalah bisnis dan investasi. Tetapi Anda juga perlu mengutamakan keamanan yang menjadi faktor penting.

Telah jadi rahasia umum bahwa area yang terletak di daerah yang aman harganya bisa jadi lebih mahal. Meskipun daerah lain keadaannya sama tapi bisa jadi area tersebut rawan kriminalitas. Jadi harganya pun meningkat. Selain itu, tanah yang ideal yaitu tanah berbentuk persegi atau persegi panjang dengan lebar muka tidak terlalu sempit.

Belilah tanah yang memiliki bagian depan dengan lebar tidak terlalu sempit. Karena umumnya tanah tersebut hanya dapat dipergunakan sebagai gudang. Bentuk tanah lain yang cukup diminati ialah trapesium.

beli tanah

Banyak masyarakat awam yang  ingin membeli tanah beranggapan bahwa tanah yang cukup diminati ada yang bagian depannya lebih sempit daripada bagian belakangnya. Jika dibuat rumah, jenis ini akan membuat bagian rumah lebih lebar daripada bagian terasnya.

Apabila  kita menghitung tentang mengenai prosentasenya, sebagian besar orang pasti lebih lama tinggal di dalam rumah daripada di teras rumah. Selain itu kedataran tanah juga perlu dipertimbangkan. Untuk mendirikan sebuah bangunan, tentu orang akan memilih tanah yang datar.

Kontur dan Kondisi Geologis Ketika Membeli Tanah

beli tanahBelilah tanah yang memiliki kontur yang  tidak datar bisanya memaksa orang untuk melakukan pengurugan yang menambah biaya. Apabila posisinya sebagai seorang pembeli maka berpikiran sebagai pembeli, kita tentu akan mempertimbangkan hal ini dalam negosiasi harga.

Harga sawah lebih murah daripada harga pekarangan. Mengapa? Apabila Anda hendak mendirikan bangunan, beli tanah kavling murah misalnya akan memerlukan pengurukan yang akan memakan banyak biaya. Kemudian  jika anda memilih daerah pekarangan, tanah tersebut dapat segera anda dirikan bangunan.

Namun perhatikan kerataan tanah saat membeli tanah pekarangan. Karena jika tanah memiliki kontur yang tidak rata maka akan tetap membutuhkan pengurukan supaya tanah menjadi lebih padat dan rata. Cukup diperhatikan  apa saja yang berada di sebelah tanah incaran anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *