Over Kredit Rumah untuk Wujudkan Hunian Impian

0 Comments

Over Kredit Rumah Solusi Cerdas Miliki Hunian

Over kredit rumah, apakah artinya? Rumah merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, membeli dan memilikinya merupakan impian hampir setiap orang. Umumnya orang akan membeli dengan menyesuaikan kondisi finansialnya terutama keluarga muda yang belum memilki banyak anggota keluarga. Keluarga muda akan lebih memilih hunian yang minimalis.

Membeli kebutuhan seperti ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena membelihunian harus dipertimbangkan secara matang dan melangkah secara tepat. Apalagi jika membeli pertama kali, Anda harus berdiskusi dengan pasangan dan keluarga, juga mengumpulkan informasi. Hitunglah dengan tepat dan teliti, jangan sampai karena tidak ada perhitungan yang jelas maka hal ini akan membebani Anda.

Over kredit rumahBanyak cara yang bisa menjadi pilihan bagi anda, lakukanlah riset dan bandingkan cara mana yang paling tepat untuk anda. Salah satu pilihan yang tepat mengikuti alur cara over kredit rumah atau meneruskan cicilan dari pemilik yang lama. Melanjutkan cicilan merupakan tindakan pemindahan kepemilikan dari seseorang kepada orang lain atau (Bank) yang dilakukan dengan resmi dan sah.

Tujuan taker over kredit rumah adalah dapat mendapatkan bunga yang lebih ringan dan dapat dicicil sesuai dengan budget yang dimiliki. Pemindahan kepemilikan harus dilakukan dengan surat perjanjian yang legal hukum sehingga dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Jika tidak dilakukan secara sah dan legal maka bisa membahayakan kedua belah pihak di masa sekarang atau masa akan datang.

Ada beberapa jenis penerusan cicilan, yaitu penerusan cicilan melaui bank yang sama, penerusan cicilan antar bank, penerusan cicilan secara pribadi. Cicilan yang paling aman adalah cicilan melalui bank yang resmi, tidak secara pribadi atau dibawah tangan. Yang dimaksud dibawah tangan adalah terjadi kesepakatan antar penjual dan pembeli kemudian biaya DP dan cicilan dibayarkan kepada pembeli.

Pengajuan Take Over Kredit Yang Aman

Over kredit rumah

Jika Anda melakukan perjanjian di bawah tangan, maka Anda juga harus siap dengan segala resikonya. Misalnya penjual bisa saja melakukan transaksi dengan pembeli lainnya juga. Resiko yang lain, bisa jadi setelah pelunasan maka penjual akan mengambil sertifikat sendiri ke bank dan tidak diberikan pada Anda.

Untuk pengajuan take over kredit rumah pada bank yang sama, langkah pertama kesepakatan antara penjual dan pembeli harus dilakukan. Kesepakatan ini bukan hanya sebatas persetujuan lisan namun juga memastikan kelengkapan dan keaslian dokumen hunian sebelum diserakan ke pihak bank. Pastikan Anda mengecek bearan cicilan, sertifikat rumah dan lainnya.

Kedua, setelah tercapai kesepakatan maka pembeli dan penjual mengajukan permohonan alih debitur ke bank. Hal ini berfungsi untuk menggantikan posisi debitur lama kepada debitur baru. Pada tahapan ini, dokumen-dokumen dan persyaratan akan diserahkan kepada pihak bank.

Ketiga, pihak bank akan memeriksa dan menganalisis dokumen dan jaminan untuk mengajukan take over kredit rumah murah. Dokumen yang diperiksa berupa identitas diri dan hal-hal yang diperlukan untuk pengajuan cicilan. Sedangkan jaminan yang digunakan bisanya berupa sertifikat hunian yang dibeli.

Terakhir, jika pengajuan sudah disetujui oleh bank. Pembeli akan menendatangani perjanjian jual beli yang baru atas namanya beserta aktnya. Anda harus membayar biaya proses pengajuan ulang dan biaya alih debitur kepada pembeli yang sudah disetujui di kesepakatan awal.

Prosedur ini akan berbeda jika Anda mengajukan pemohonan cicilan ke bank yang berbeda. Hal ini biasanya dilakukan jika bank lain menawarkan bunga yang lebih rendah atau masa cicilan lebih panjang. Sistem antar bank juga bisa dilakukan jika nasabah ingin pindah dari bank konvensional ke bank syariah.

Keuntungan dan Kerugian Take Over Kredit

Over kredit rumahHal pertama yang dilakukan adalah mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku, baik dari bank yang lama dan juga bank baru. Kedua, Anda harus menyiapkan biaya untuk proses pengajuan dan biaya lainnya seperti notaris, proses pengajuan alih debitur dan sebagainya. Pihak bank yang lama bisanya akan memberikan pinalti karena cicilan tidak bisa diselesaikan sesuai perjanjian awal.

Untuk persyaratan dokumen-dokumen umumnya tidak jauh berbeda yaitu identitas diri, slip gaji, jaminan dan dokumen pendukung lain. Setelah  persyaratan lengkap, pihak bank akan melakukan analisis dokumen dan data diri anda. Jika bank telah menyetujui permohonan maka Anda akan menandatangani perjanjian yang baru.

Keuntungan pertama adalah rumah yang siap huni, artinya hunian sudah ditempati bertahun-tahun dan sudah terbentuk dengan sempurna.  Hal ini tentunya berbeda dengan hunian yang dalam tahap masih dalam tahap pembangunan. Lingkungan sekitar juga pastinya sudah terbentuk.

Keuntungan yang kedua adalah nilai jual hunian lebih tinggi. Pembeli menjual hunian biasanya sedang membutuhkan uang atau pindah sehingga perhitungannya adalah DP awal beli ditambah cicilan yang sudah dibayar. Sementara nilai jualnya pastinya sudah lebih tingi dari harga awal.

Keuntungan yang ketiga adalah cicilan yang nilainya lebih rendah. Misalkan jika Anda membeli hunian harga sekarang dengan 4 tahun yang lalu, tentunya nilai di masa sekarang akan lebih rendah. Jadi cicilan yang akan Anda bayar pastinya lebih rendah daripada mengajukan cicilan untuk hunian baru.

Keuntungan lain jika meneruskan cicilan langsung melalui bank yang sama adalah sertifikat hunian bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli. Anda juga bisa langsung melanjutkan cicilan atas nama Anda sendiri. Namun jika Anda meneruskan cicilan di bank lain, Anda bisa mendapatkan bunga yang lebih rendah atau jangka waktu lebih panjang.

Sesuaikan Pembayaran Rumah dengan Kemampuan Finansial

Jika kondisi finansial Anda sedang tidak stabil, maka meneruskan cicilan bisa menjadi solusi. Dengan take over kredit rumah BTN akan memperbarui data yang lama. Angsuran bisa disesuaikan besarnya per bulan sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Selain keuntungan yang telah disebutkan, terdapat juga kerugian yang harus dipertimbangkan. Pertama, pembeli harus mengeluarkan biaya ekstra untuk proses pengajuan awal, pengajuan alih debitur dan lain sebagainya. Kedua, proses pengajuan sebagai debitur baru akan lebih rumit dan lama karena bank harus menganalisis data debitur yang lama.

Over kredit rumahKedua, pembeli harus mengelarkan budget esktra untuk melakukan renovasi karena hunian sudah pernah ditempati tentunya terdapat kerusaan yang harus diperbaiki. Hitunglah biaya perbaikan dan harga yang harus Anda bayar supaya tidak membebani kondisi keuangan anda. Itulah tips, kerugian dan keuntungan yang dapat dijadikan referensi dan pertimbangan dalam membeli tempat tinggal.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengunduh aplikasi yang dirancang khusus untuk perencanaan keuangan. Dari sana, Anda tinggal memasukkan jumlah kebutuhan sehingga pembayaran dapat terselesaikan sesuai kemampuan. Inilah keuntungan dari memanfaatkan aplikasi untuk over kredit rumah.

Jangan mudah percaya dengan makelar apalagi jika tidak mengenal secara pasti. Bukan hanya itu, sebaiknya Anda selalu memantau perkembangan dari pembelian terutama surat-surat dan kelengkapannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan penipuan di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *