7 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Sewa Rumah

0 Comments

Memiliki rumah pribadi memang bukan keinginan yang bisa langsung diwujudkan lantaran biaya yang dibutuhkan sangat fantastis. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah dan ingin memiliki kehidupan baru. Terkadang memiliki rumah sendiri jadi pilihan yang masuk dalam urutan to do list. Namun, seiring berjalannya waktu, lantaran budget yang tak kunjung terkumpul, memaksa pasangan tersebut untuk sewa rumah sebagai langkah awal untuk memperoleh kenyamanan. Ditambah lagi apabila telah dikaruniai seorang anak, pasti suasana kekeluargaan bisa lebih terasa di rumah baru. Masalahnya, solusi ini rupanya memiliki efek yang buruk bagi kondisi finansial keluarga. Bagaimana bisa?

Ya, menurut penuturan dari Lauren Boston, seorang staf penulis dan juga manager publik national apartement association mengungkapkan bahwa sewa rumah merupakan kesalahan nomor empat dari delapan kesalahan alokasi dana rumah tangga yang terbuang ‘sia-sia’. Meski demikian, ada pula yang memandang jika solusi ini merupakan langkah efektif untuk mendapatkan kenyamanan dalam kehidupan berumah tangga. Terlepas dari pandangan finansial, setidaknya ada 7 hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa rumah. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya disini!

Pertimbangkan Pemilihan Lokasi dan Budgetnya

Faktor utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk sewa rumah adalah pertimbangkan bagaimana letak rumah tersebut dan budget yang dibutuhkan sebaga harga sewanya. Memang memiliki rumah idaman yang cantik dan megah adalah hal yang dinginkan, namun pertimbangkan pula berapa harga sewanya. Ingat, jika masih ada pengeluaran lain yang harus dipenuhi seperti kebutuhan sehari-hari dan keperluan anak. Belum lagi untuk mengisi perabotan rumah tangga dan lainnya.

Selain budget, faktor lokasi juga tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Memang akan lebih baik jika tidak jauh dari tempat kerja atau pusat industri, tapi akan lebih baik jika pemilihan lokasi tersebut diselaraskan dengan budget. Ya, pada umumnya, semakin strategis tempatnya, harga sewa rumah juga akan lebih tinggi. Jadi, pandai-pandailah dalam mencari tempat tinggi yang selain terjangkau juga tidak jauh dari pusat kota.

Perhatikan Aturan yang Berlaku di Daerah Tempat Sewa

Ketika Anda memilih untuk sewa rumah di suatu tempat, maka secara tidak langsung Anda telah menjadi satu bagian dari lingkungannya. Artinya, siap-siaplah untuk patuh terhadap adat yang berlaku di daerah tersebut. Mulailah untuk mempelajari apa saja yang boleh dilakukan dan hal apa saja yang dilarang. Biar lebih mudah, berkunjunglah ke RT atau RW lokasi rumah tersebut untuk mulai tahu seluk beluk lingkungan. Lalu, sesuaikan dengan diri Anda. Apakah cocok atau tidak.

Meskipun rumah sewa, tetap akan menjadi hunian tiap hari. Jadi, usahakan untuk memilih lingkungan rumah yang nyaman. Pertimbangkan pula apakah di lingkungan tersebut diperbolehkan untuk membawa binatang piaraan, mengizinkan teman menginap lebih dari seminggu, dan aturan lainnya.

Sesuaikan Janji Pemberi Sewa Rumah dengan Realitanya

Pada umumnya, tiap pemberi sewa rumah akan merayu calon penyewa rumah dengan berbagai cara supaya mau untuk tinggal. Sampai akhirnya, pemilik rumah tersebut berucap kata atau janji yang kerap tidak sesuai dengan kenyataan. Menghadapi hal ini, berhati-hatilah dalam memutuskan untuk tetap tinggal atau cari yang lain. Cobalah untuk mencari tahu lebih dalam pada orang-orang yang telah lebih dulu menyewa di rumah-rumahnya. Apakah puas dan sesuai dengan janji diawalnya atau tidak. Jika sesuai, tidak ada salahnya untuk melihat-lihat kondisi rumahnya dan mulai tanda tangan kontrak. Jika tidak, langsung tinggalkan dan cari tempat penyewaan rumah lainnya.

Pertimbangkan Biaya Khusus Sehari-hari Tiap Bulan

Ketika Anda memutuskan untuk menyewa rumah, pastilah sudah tahu berapa harga sewa yang harus dibayar tiap bulannya. Tak hanya itu, lebih lanjut, supaya tidak kaget dan kelabakan nantinya, perhitungkan pula biaya-biaya khusus yang dibutuhkan  lainnya seperti biaya penggunaan listrik, air, pembuangan sampah, serta biaya lainnya yang mungkin muncul. Pastikan jangan ragu dan takut untuk bertanya pada pemilik sewa rumah supaya pertimbangkan semakin cepat jadi.

Paham dengan Proses Pembaharuan Perjanjian Sewa Rumah

Kesalahan yang seringkali timbul dan dialami pelaku sewa rumah adalah tidak tahu bagaimana proses pembaharuan perjanjian penyewaan rumah. Jadi, ketika Anda ingin menambah satu tahun lagi untuk menyewa rumah, namun pemilik rumah menganggap Anda tidak akan tinggal dan membuat kesepakatan dengan penyewa rumah yang baru. Untuk menghindari hal ini, usahakan lebih detail lagi saat membuat janji dengan pemilik rumah. Disamping itu, ketahui juga cara membatalkan janji sewa di tengah-tengah perjanjian. Hal ini penting apabila ternyata lingkungan tempat tinggal tersebut tidak sesuai dan cocok dengan Anda.

Baca Ulang Perjanjian Sewa

sewa rumah

Jangan hanya terpacu pada kalimat yang dilontarkan pemilik sewa rumah, tapi juga sesuaikan dengan kertas perjanjian sewanya. Pastikan tidak ada point penting yang memberatkan Anda dan kehidupan semasa menyewa ditempat tersebut.

Cek Kondisi Rumah Sebenarnya

sewa rumah

Terakhir, jika Anda sudah paham benar dengan aturan sewa yang dilontarkan pemilik rumah, cobalah untuk cek kondisi rumah yang kelak akan Anda tinggali secara langsung. Mulai dari kondisi tiap ruangannya, dapur, tempat tidur, kamar mandi, sampai halaman rumahnya. Apakah memungkinkan bagi Anda untuk membawa kendaraan roda empat atau adakah kerusakan yang Anda temui. Dengan begitu, uang jaminan Anda tidak akan terpotong lantaran adanya kerusakan yang bukan diakibatkan oleh kesalahan Anda.

Itulah 7 hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk sewa rumah supaya tidak menyesal pada akhirnya. Semoga berhasil mendapat hunian yang nyaman ya!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *